Isu Pilot Susi Air Dibebaskan, Begini Kata KSAD Jenderal Maruli

Isu Pilot Susi Air Dibebaskan, Begini Kata KSAD Jenderal Maruli

KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kepala Staff Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak buka suara terkait pembebasan pilot Susi Air.

Menurutnya, saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan TNI hingga BIN terkait isu pembebasan Pilot Susi Air.

"Jadi kalau kami di Angkatan Darat kami punya keterbatasan untuk mendapatkan seluruh informasi karna kami tingkatnya adalah pembinaan kekuatan, jadi yang mengkoordinir semua sebetulnya panglima tni sehingga intel mungkin berkoordinasi dengan BIN dan lain-lain," kata Maruli di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Senin 5 Februari 2024.

BACA JUGA:Pilot Susi Air Segera Dibebaskan, Sebby Sambom Minta Egianus Kagoya Cabut Pernyataan Sandera Ditukar Dengan Kemerdekaan Papua

Lebih lanjut, ia mengatakan saat ini jajaran TNI AD masih berusaha melakukan upaya negosiasi terkait pembebasan pilot Susi Air.

"Namun kalo saya mengikuti perkembangan dari mabes tni, kita terus melakukan upaya-upaya negosiasi jadi yang saya dengan informasinya itu perlu waktu untuk bertemu, akhirnya perlu berapa hari lagi untuk menyampaikan, berapa hari lagi kesana," imbuhnya.

Meski demikian, ia memastikan pilot Susi Air kini berada dalam kondisi yang sehat.

"Namun informasi terakhir pilot tersebut dalam kondisi sehat," tutupnya.

Sebelumnya, Juru bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Sebby Sambom menyatakan pihaknya akan membebaskan pilot Susi Air Captain Philip Mehrtens.

Dalam pernyataannya Sebby menjelaskan bahwa pembebasan sandera pilot asal Selandia Baru, Philip M. Marten adalah tanggungjawab Komnas TPNPB secara Komando dan hanya Komnas TPNPB yang akan pasang badan, artinya resiko apapun yang dihadapi akan dipertanggungjawabkan adalah Pimpinan Markas Pusat Komnas TPNPB.

BACA JUGA:Anggota KKB yang Tewas Bertambah Usai Terlibat Baku Tembak

Menurut Sebby, pilot Asal Selandia Baru yang di tahan pasukan TPNPB dibawah Pimpinan Panglima Brigadier General Egianus Kogeya harus dibebaskan demi kemanusiaan berdasarkan Hukum Perang Humaniter Internasional dan tidak ada alasan untuk Pilot harus ditahan sampai dunia kiamat.

“Kami perlu sampaikan bahwa pernyataan Panglima Egianus Kogoya dan Pasukannya yang mana mereka telah mengatakan bahwa pilot asal Selandia Baru yang mereka tahan itu harus di tukar dengan Papua merdeka,” tulisnya.

“Tetapi kami dari Pimpinan Manajemen Markas Pusat Komnas TPNPB sampaikan bahwa itu pernyataan yang emosional tanpa minta pendapat kepada Pimpinan TPNPB di Manajemen Markas Pusat Komnas TPNPB maka perlu di review,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: