Raja Charles Idap Sakit Kanker, Joe Biden Khawatir

Raja Charles Idap Sakit Kanker, Joe Biden Khawatir

Pengumuman Istana Buckingham-Joe Biden khawatir Raja Charles divonis kanker-People/Getty Image

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Amerika Serikat Joe Biden angkat bicara terkait penyakit kanker yang diderita Raja Charles.
 
Rasa kekhawatiran itu menyusul pengumuman Istana Buckingham terkait penyakit sang raja. 

Biden mengatakan kepada wartawan bahwa dia belum berbicara dengan raja Inggris itu sejak diagnosisnya terungkap.

Presiden Joe Biden menyatakan keprihatinannya terhadap Raja Charles setelah Istana Buckingham mengumumkan kabar itu. 
 
"Saya khawatir tentang dia,” kata Biden yang kini berusia 81 tahun dikutip dari People.

Biden mencatat bahwa dia belum berbicara dengan raja Inggris tentang diagnosis tersebut.
 
"Tetapi saya akan berbicara dengannya," katanya.

Setelah menjalani prosedur untuk mengobati pembesaran prostat bulan lalu, Istana Buckingham mengungkapkan kesehatan Raja.
 

Pengumuman Istana Buckingham-Raja Charles sakit kanker-BBC
 
Pembesaran prostat diketahui saat Raja melakukan pemeriksaan kesehatan rutin.
 
"Selama prosedur rumah sakit Raja baru-baru ini untuk pembesaran prostat jinak, ada masalah terpisah yang menjadi perhatian. Tes diagnostik selanjutnya telah mengidentifikasi suatu bentuk dari kanker," tulis istana.
 
"Yang Mulia hari ini telah memulai jadwal perawatan rutin, yang selama waktu tersebut beliau telah disarankan oleh para dokter untuk menunda tugas-tugas yang berhubungan dengan masyarakat. Selama periode ini, Yang Mulia akan terus menjalankan urusan negara dan urusan resmi dokumen seperti biasa," tulis istana.
 
"Raja berterima kasih kepada tim medisnya atas intervensi cepat mereka, yang dimungkinkan berkat prosedur rumah sakit baru-baru ini. Dia tetap sepenuhnya positif tentang perawatannya dan berharap untuk kembali ke tugas publik penuh sesegera mungkin," tambah pernyataan itu. 
 
"Yang Mulia telah memilih untuk membagikan diagnosisnya untuk mencegah spekulasi dan dengan harapan dapat membantu pemahaman publik bagi semua orang di seluruh dunia yang terkena kanker," tulis pernyataan itu.
 
Raja Charles memberi tahu putra-putranya, Pangeran William dan Pangeran Harry, tentang penyakit tersebut.
 
Sebuah sumber mengatakan William, 41, melakukan kontak rutin dengan ayahnya sementara Harry, 39, yang pindah ke California bersama istrinya, Meghan Markle, pada tahun 2020, diperkirakan akan melakukan perjalanan ke Inggris dalam beberapa hari mendatang. 
 
Biden dan Raja Charles telah bertemu beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir, mulai dari pertemuan tahun 2015 di Ruang Oval Gedung Putih dengan Presiden Barack Obama dan Ratu Camilla (yang saat itu dikenal sebagai Duchess of Cornwall) hingga COP26 United Konferensi Perubahan Iklim Bangsa-Bangsa di Glasgow, Skotlandia pada tahun 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: people