Indonesia Kembali Gelar F1 Powerboat 2024 di Danau Toba Pada 2-3 Maret

Indonesia Kembali Gelar F1 Powerboat 2024 di Danau Toba Pada 2-3 Maret

Indonesia kembali gelar balapan jet air, F1 Powerboat 2024 di Danau Toba-F1 Powerboat Championship-


Konferensi Pers F1Powerboat, Siap Digelar Kembali di Danau Toba pada 2-3 Maret 2024-Menko Marves-

Hadir dalam konferensi pers tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno. Ia mengatakan bahwa Pemerintah telah melakukan investasi besar-besaran di 5 DPSP, sehingga dibutuhkan event yang berkelanjutan untuk terus meningkatkan trafik wisatawan.

“Kehadiran event F1Powerboat telah terbukti memicu perekonomian masyarakat dan juga menjadi wadah bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya jadi lebih besar. Penyelenggaraan F1 Powerboat tahun lalu telah memberikan dampak ekonomi hingga Rp391 miliar. Harapannya F1 Powerboat tahun ini kita bisa memberikan dampak ekonomi lebih besar dari tahun lalu,” ungkap Sandiaga.

BACA JUGA:Menpora Kordinasi dengan IMI Agar Indonesia Punya Atlet F1 Powerboat

Sandiaga menambahkan bahwa di 2023 jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia meningkat menjadi 11,7 juta. Peningkatan ini juga didukung salah satunya oleh event-event yang menarik dan berkualitas salah satunya F1 Powerboat ini.

Di kesempatan yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo mengungkapkan rasa bangganya terhadap antusiasme warga sekitar Danau Toba pada event internasional lalu, khususnya Aquabike Jetski World Championship 2023 yang mampu menyedot hingga 200.000 pengunjung. 

Hal ini menunjukkan potensi water sport tourism di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

BACA JUGA:Mantap! Persiapan Danau Toba Gelar F1 Powerboat Sudah 70 Persen

“Saya juga berterima kasih atas kolaborasi yang luar biasa terlebih pada event ini bahwa selain ajang balap perahu motor internasional, namun ada juga lomba balap jetski yang diikuti atlet nasional kita, serta balap solu bolon yang akan diikuti warga lokal Sumatera Utara. Ajang ini jadi sangat menarik dan menjadi potensi bagi kita untuk memunculkan kembali local heroes Indonesia khususnya untuk ajang water sport,” tutur Dito.

Dito menambahkan dengan telah bergulirnya event olahraga air di Danau Toba, pemerintah akan menyiapkan academy khusus untuk mendidik atlet-atlet agar dapat berlaga dikejuaran internasional seperti F1 Powerboat dan Aquabike Jetski World Championship.

Kartika Wirjoatmodjo, Wakil Menteri BUMN juga menyampaikan kebanggaannya dengan Danau Toba karena dengan event olahraga internasional yang diselenggarakan ini dapat mendulang coverage yang sangat tinggi. 

BACA JUGA:Mantap! Sukses Gelar 'Jet Air' F1H20, Jokowi Ingin Gelar 'Jet Darat' Formula 1 di Indonesia

Ia berharap kedepannya trafik wisatawan akan terus meningkat di seluruh 5 DPSP. “Dukungan luar biasa tak lepas dari sinergi BUMN yang juga full effort dalam mendukung untuk meningkatkan trafik wisatawa,” tambah Tiko.

“InJourney yang pada 2023 sukses menyelenggarakan F1 Powerboat, bersiap kembali untuk menyukseskan acara. Melalui beragam program dan event pada F1 Powerboat, InJourney akan menghadirkan water sport tourism yang akan menyedot banyak wisatawan. Kami berharap acara ini terselenggara dengan lebih sukses, sehingga memberikan multiplier effect yang lebih besar lagi,” papar Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria.

Dony menjelaskan bahwa dalam membangun pariwisata, InJourney melakukannya secara komprehensif, salah satunya dengan memastikan bahwa dalam mengadakan suatu event dapat memberikan dampak ekonomi yang luar biasa kepada masyarakat baik langsung dan tidak langsung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: