Gerak Bitcoin di Tahun Baru Imlek 2024, Potensi Naik atau Turun?

Gerak Bitcoin di Tahun Baru Imlek 2024, Potensi Naik atau Turun?

Imlek 2024-Potensi Bitcoin di tahun naga kayu-Tokocrypto

"Saat merayakan Tahun Naga, pasar kripto tampaknya bersemangat. Meskipun prediksi sebelumnya menyarankan kehati-hatian karena fluktuasi yang diperkirakan terjadi menjelang halving, sehingga bisa membuat ekspektasi Bitcoin berkinerja yang luar biasa. Membeli Bitcoin pada akhir hari pertama Tahun Baru Imlek dan menjualnya 10 hari perdagangan kemudian akan menghasilkan rata-rata +9%, dengan delapan tahun terakhir (2015-2023) menunjukkan keuntungan positif," ungkap Fyqieh.

Menurut Fyqieh salah satu katalis utama yang bisa membuat pasar kripto positif pasca perayaan Imlek di tahun 2024 ini adalah kebijakan pemerintah China itu sendiri.

Potensi kenaikan pasar kripto pekan ini bisa didorong oleh stimulus ekonomi China. 

Sebelumnya, Bank sentral China mengumumkan pelonggaran kebijakan sebagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan.

Bank akan dipotong sebesar 50 basis poin mulai 5 Februari, yang akan menyediakan modal jangka panjang sebesar 1 triliun yuan.

Dampak penurunan suku bunga China pada pasar kripto yang dapat berkontribusi pada peningkatan likuiditas dan sentimen investor. 

"Kemungkinan aliran dana yang besar dapat masuk ke pasar kripto dan meningkatkan permintaan. Peningkatan likuiditas sering kali berarti investasi yang lebih besar pada aset berisiko, karena investor mencari imbal hasil yang lebih tinggi, yang dapat menyebabkan peningkatan nilai Bitcoin," jelas Fyqieh.

BACA JUGA:RXT Connect 2023, Malaysia Diam-Diam Mulai Bangun Bitcoin Land

Stimulus Ekonomi China

Saham-saham China pun mengalami reli terbesarnya dalam beberapa tahun terakhir pada hari Selasa 6 Februari 2024.

Pemulihan saham China terjadi setelah Beijing meningkatkan upayanya untuk menopang pasar saham yang sedang lesu, yang mengalami tahun 2023 yang buruk dan menjadi yang berkinerja terburuk di dunia sepanjang tahun ini.

Sementara, menurut laporan CoinShares, produk investasi BTC mencatat peningkatan dari seluruh arus masuk pada Rabu 7 Februari 2024.

Bitcoin menerima arus masuk sebesar USD 703 juta, sehingga total aset global yang dikelola menjadi USD 53 miliar.

Penting untuk dicatat bahwa produk investasi BTC menghadapi arus keluar lebih dari USD500 juta pada akhir Januari, dan hal ini serta penjualan GBTC yang agresif mungkin berperan dalam koreksi pasar.

Target harga Bitcoin saat ini, jika BTC bergerak di kisaran USD 43.100 bertengger di MA-50, dan mampu bertahan di level tersebut, maka potensi menuju ke resistance USD 44.500.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: