Harga Beras Premium Naik, Ini 6 Pilihan Karbohidrat Pengganti yang Tinggi Serat

Harga Beras Premium Naik, Ini 6 Pilihan Karbohidrat Pengganti yang Tinggi Serat

Harga Beras Premium Naik-Ini karbohidrat pengganti yang lebih sehat-Livestrong

JAKARTA, DISWAY.ID - Harga beras premium di pasaran meroket, stok beras semakin sulit.

Rata-rata, beras premium menembus harga Rp15.000 hingga Rp16.000 di pasaran.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa pilihan karbohidrat lain selain beras, bahkan lebih sehat.

Apa saja?

Sejumlah karbohidrat pilihan pengganti bahkan lebih sehat daripada nasi putih atau beras putih karena mengandung tinggi serat.

Mengonsumsi cukup serat bahkan dikaitkan dengan penurunan risiko kondisi kronis, termasuk diabetes, penyakit jantung, kanker, menurut ahli diet terdaftar Maddie Pasquariello, MS, RD. 

Mengonsumsi lebih banyak karbohidrat berserat tinggi—atau karbohidrat kompleks—juga dapat membantu mencapai target tersebut. 

BACA JUGA:Satgas Pangan Polri Ungkap Faktor Penyebab Melonjaknya Harga Beras

Apa Itu Karbohidrat Berserat Tinggi?

“Kategori karbohidrat mencakup ‘gula sederhana’ dan ‘karbohidrat kompleks’. Yang terakhir inilah yang kita bicarakan ketika kita membahas hal-hal seperti pati dan serat,” kata Pasquariello. 

Ketika orang berbicara tentang “karbohidrat berserat tinggi”, yang mereka maksud adalah makanan yang mengandung banyak serat yang relevan dengan total karbohidrat yang ada—atau sederhananya, makanan yang merupakan sumber serat yang baik, kata Pasquariello.

“Yang dimaksud orang-orang ketika mereka mengatakan 'karbohidrat berserat tinggi' mencakup semua makanan nabati, karena Anda hanya bisa mendapatkan serat dari tumbuhan,” jelasnya.

Contohnya termasuk kacang-kacangan, polong-polongan, dan buah-buahan serta sayuran dengan kulit dan/atau biji yang dapat dimakan.

“Alpukat, biji-bijian, jagung, dan beberapa kacang-kacangan serta biji-bijian juga termasuk dalam kategori ini,” kata Pasquariello.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: