Syarat KIP Kuliah 2024, Segini Besaran Penghasilan Orangtua Mahasiswa yang Boleh Mendaftar

Syarat KIP Kuliah 2024, Segini Besaran Penghasilan Orangtua Mahasiswa yang Boleh Mendaftar

KIP Kuliah-Pendaftaran, syarat, alur dan jadwal-Kemendikbudristek

JAKARTA, DISWAY.ID – Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2024 mulai dibuka.

Ada sejumlah syarat yang diizinkan untuk mendaftar, salah satunya penghasilan orangtua mahasiswa.

Sekretaris Jenderal (Sesjen), Suharti, mengatakan bahwa Kemendikbudristek melihat bahwa kesempatan untuk melanjutkan kuliah pada program studi unggulan di kampus-kampus terbaik di seluruh Indonesia harus diberikan kepada seluruh anak Indonesia.

“Diutamakan orang pertama dari keluarga miskin/rentan miskin yang melanjutkan studi ke perguruan tinggi, tidak perlu khawatir melanjutkan studi ke perguruan tinggi di prodi unggulan dengan akreditasi terbaik karena dijamin pembiayaan pendidikan sampai lulus sesuai jangka waktu pemberian KIP Kuliah Merdeka,” katanya dalam keterangan resmi.

Suharti berharap, KIP Kuliah Merdeka di tahun 2024 dapat berjalan lebih baik dan senantiasa memberi asa bagi generasi muda Indonesia dari seluruh pelosok negeri untuk mencapai pendidikan tinggi sehingga dapat memutus mata rantai kemiskinan demi Indonesia yang lebih sejahtera di masa depan menuju Indonesia Emas tahun 2045.

Mahasiswa yang mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah Merdeka harus memenuhi persyaratan miskin/rentan miskin sesuai dengan ketentuan.

Hal itu dibuktikan dengan adanya bukti penghasilan orangtua. 

BACA JUGA:Segini Dana Transferan yang Diterima Jika Lolos KIP Kuliah, Ada Bantuan Biaya Hidup

Syarat KIP Kuliah

1. Bukti pendapatan kotor gabungan orangtua/wali paling banyak Rp4.000.000 setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp750.000

2. Bukti keluarga miskin dalam bentuk Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan dan dilegalisasi oleh pemerintah, minimum tingkat desa/kelurahan untuk menyatakan kondisi suatu keluarga yang termasuk golongan miskin atau tidak mampu.

Menurutnya, program KIP Kuliah Merdeka bukan hanya sekedar program bantuan sosial yang memberikan bantuan uang kepada penerima, namun merupakan sebuah program investasi bangsa melalui peningkatan akses bagi mahasiswa dari keluarga miskin/rentan miskin.

BACA JUGA:Tak Mudah Dapat KIP Kuliah, Bersaing Ketat 1:5 Mahasiswa Pendaftar

Dengan KIP Kuliah Merdeka diharapkan seluruh mahasiswa penerima dapat melaksanakan kuliah dengan baik, lulus tepat waktu dan mendapatkan prestasi akademik terbaik sehingga dapat bekerja dan berkarya untuk meningkatkan ekonomi keluarga sekaligus memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemendikbudristek