Waspada Anemia Pada Anak, Bisa Bikin Tumbuh Kembang Terhambat dan Menurunnya Kecerdasan Anak

Waspada Anemia Pada Anak, Bisa Bikin Tumbuh Kembang Terhambat dan Menurunnya Kecerdasan Anak

Waspada Anemia Pada Anak, Bisa Bikin Tumbuh Kembang Terhambat dan Menurunnya Kecerdasan Anak-dok Sarihusada-

BACA JUGA:Kepala BKKBN: Perempuan Anemia Berisiko Tinggi Lahirkan Bayi Stunting

Untuk pencegahan anemia defisiensi besi pada anak di bawah lima tahun, dapat dilakukan dengan memberikan asupan gizi seimbang yang banyak bersumber dari protein hewani yang kaya Zat Besi. 

Selain itu, untuk memaksimalkan penyerapan Zat Besi dalam tubuh hingga 2 kali lipat, juga dibutuhkan kombinasi antara zat besi dan Vitamin C. 

“Dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak, bisa juga dipertimbangkan untuk memberikan sumber nutrisi yang difortifikasi, seperti susu pertumbuhan yang tinggi Zat Besi dan dikombinasikan dengan Vitamin C,” ungkapnya.

“Sebab, susu pertumbuhan diketahui sebagai minuman protein hewani yang padat gizi dan diperlukan terutama di masa tumbuh kembang. Sehingga, susu pertumbuhan yang terfortifikasi tinggi Zat Besi yang dikombinasikan dengan Vitamin C juga dapat bermanfaat untuk pencegahan anemia,” tuturnya. 

BACA JUGA:Ini 3 Penyebab Anemia pada Kaum Milenial, Catat Cara Pencegahannya!

Melihat masih pentingnya untuk terus meningkatkan edukasi yang berkelanjutan kepada masyarakat tentang pencegahan dan penanganan anemia yang tepat pada anak, Sarihusada sejak 70 tahun lalu hadir di Indonesia terus menjalankan berbagai inisiatif edukasi. 

“Kami memiliki komitmen untuk mendorong penurunan prevalensi anemia pada anak di bawah 5 tahun di Indonesia, dan mendorong percepatan terwujudnya Generasi Emas Indonesia 2045,” kata Corporate Communications Director Sarihusada, Arif Mujahidin.

“Salah satu inisiatif yang dijalankan pada tahun 2024 ini yang juga diluncurkan dalam rangka peringatan World Anemia Awareness Day adalah dengan menghadirkan platform digital “Pusat Pencegahan Anemia Pada Anak” yang dapat diakses para Bunda melalui website genmaju.info/AnakSehatGenerasiMaju,” tuturnya.

BACA JUGA:Banyak yang Belum Tau! Ternyata Anemia Bisa Diatasi Dengan Memakan Buah Penambah Darah

“Selain agar mempermudah akses dan memperluas jangkauan edukasi, platform kanal digital dipilih karena kami melihat penetrasi penggunaan internet di Indonesia semakin pesat dari tahun ke tahun,” lanjutnya.

“Sebuah survei juga menunjukkan bahwa konten mengenai kesehatan paling banyak dikunjungi masyarakat Indonesia di tahun 2023 lalu,  termasuk didalamnya tentang kesehatan anak,” imbuhnya.

Lebih lanjut Arif menjelaskan, “Untuk bisa memberikan akses informasi kepada masyarakat terutama bagi para orang tua, dalam platform “Pusat Pencegahan Anemia Pada Anak” nantinya akan tersedia berbagai fitur edukasi.

Di antaranya, skrining risiko anemia pada anak, video edukasi dampak anemia dari pakar kesehatan, resep praktis makanan kaya Zat Besi untuk pencegahan anemia serta artikel-artikel terkait pemenuhan gizi seimbang untuk mencegah anemia. 

BACA JUGA:Banyak yang Belum Tau! Ternyata Anemia Bisa Diatasi Dengan Memakan Buah Penambah Darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: