Insiden Penembakan Pesawat PT Asian One Air di Papua, Kemenhub Pastikan Semua Penumpang Selamat

Insiden Penembakan Pesawat PT Asian One Air di Papua, Kemenhub Pastikan Semua Penumpang Selamat

Insiden Penembakan Pesawat PT Asian One Air di Papua, Kemenhub Pastikan Penumpang Selamat-Screenshoot/YouTube-

JAKARTA, DISWAY.ID - Terjadi lagi insiden penembakan terhadap pesawat di Papua, namun Kemenhub memastikan semua penumpang selamat.

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) berulah lagi dengan menembaki pesawat PT Asian One Air pada penerbangan rute Timika-Beoga.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan, penembakan terhadap pesawat jenis  Cessna Grand Caravan registrasi PK-LTF milik PT Asian One terjadi di Distrik Beoga, Papua Tengah, Jumat 16 Februari 2024 sekitar pukul 09.52 WIT (Waktu Indonesia Tengah).

BACA JUGA:Polisi Olah TKP Insiden Penembakan Pesawat Trigana Air oleh KKB

BACA JUGA:Pesawat Asia One Air Ditembus Peluru KKB di Papua

Pada saat insiden tersebut, pesawat tengah berisikan 9 orang dari pilot dan penumpang dan berhasil mendarat dengan normal.

“ Pesawat mendarat degan selamat, dan  dipastikan kondisi 9 orang itu selamat,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub M. Kristi Endah Murni dalam keterangan tertulis, Jumat.

Akibat insiden penembakan yang dilakukan KKB membuat area cargo pod section D sebelah kanan pesawat terdapat lubang bekas tembakan yang menembus ke lantai pesawat. 

" Kita pastikan semua penumpang selamat termasuk pilot dari insiden penembakan tersebut,” lanjut Kristi Endah Murni

Lebih lanjut  Kristi Endah Murni menuturkan, pesawat denna nomor registrasi PK-LTF, pada saat itu sedang melakukan penerbangan kedua dari Timika menuju Beoga pada pukul 23.59 UTC atau 08.59 WIT. 

BACA JUGA:Kejutan! Anies-Cak Imin Menang 100 Persen di TPS 5 Onago 1 Papua Tengah: Ini Baru Namanya All In 01

BACA JUGA:Berantakannya Distribusi Surat Suara di Papua, Warga Kabupaten Paniai Bongkar Kotak Logistik

Pesawat yang mengudara pada proses final sebelum mendarat dengan ketinggian kurang lebih 300 kaki menuju landasan bersiap untuk mendarat, tiba-tiba terdengar lendusan tembakan dari arah belakang pesawat.

Beruntung tembakan tersebut tidak mengenai mesin, dan peakat mendarat denna mulus dan normal di Distrik Beoga pada pukul 00.53 UTC atau 09.53 WIT. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: