PKB Buka Suara soal Peluang Koalisi dengan Prabowo-Gibran

PKB Buka Suara soal Peluang Koalisi dengan Prabowo-Gibran

PKB -Buka suara soal peluang koalisi dengan Prabowo Gibran-Instagram Muhaimin Iskandar

JAKARTA,DISWAY ID - Sejumlah partai politik saat ini mulai ancang-ancang untuk merapat atau berkoalisi kepada pasangan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Bagaimana sikap Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)?

Dalam perolehan suara versi hasil hitung cepat (Quick Count), suara Prabowo Gibran meraih angka paling tinggi di antara calon lainnya dengan angka berkisar 56-58%. 

Hal yang sama dengan hasil dari perhitungan sementara real count KPU Sirekap. Hingga Minggu malam 18 Februari 2024, angka suara Prabowo Gibran mencapai 57,95%. 

BACA JUGA:Efek Ekor Jas! Cak Imin Beri Berkah Bagi PKB, Yakin Raih 81 Kursi DPR

Direktur Pemilihan Legislatif (Pileg) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Ahmad Syamsurijal, yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi PKB DPR, menegaskan bahwa hingga saat ini PKB belum mengambil keputusan terkait kemungkinan bergabung dengan kubu Prabowo-Gibran dalam pemerintahan selanjutnya.

"Sampai sekarang DPP PKB belum berpikir bagaimana langkah-langkah terkait koalisi atau apapun," katanya kepada wartawan, 18 Februari 2024.

"Saya sendiri yang dipercaya sebagai direktur legislatif ini masih fokus tabulasi untuk perolehan legislatif," lanjutnya.

Menurutnya, proses pemilu belum berakhir sepenuhnya, dengan rekapitulasi pilpres masih dalam proses. 

"Jadi tidak ada pembicaraan atau bicara dengan parpol koalisi kami untuk bicara terkait loncat atau misal mengambil sikap sampai sekarang belum ada pembicaraan terkait itu," ucapnya.

Terkait rekam jejak PKB dalam pemerintahan sebelumnya, Ahmad Syamsurijal menyatakan bahwa hal tersebut akan ditentukan melalui rapat resmi struktur di PKB, termasuk di Timnas AMIN. 

"Belum ada (kesimpulan bergabung) sampai sekarang," ungkapnya.

Spekulasi mengenai kemungkinan PKB bergabung dengan kubu Prabowo-Gibran menjadi topik hangat pada pemerintahan selanjutnya. 

Namun, dengan pernyataan resmi ini dari PKB, publik masih menantikan langkah-langkah lanjutan dari partai tersebut dalam menghadapi dinamika politik yang tengah berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: