Kemendes PDTT Dorong Transformasi Keuangan Negara Harus Berbasis Digital

Kemendes PDTT Dorong Transformasi Keuangan Negara Harus Berbasis Digital

Kemendes PDTT-Mendorong pentingnya transformasi keuangan negara berbasis digital-Bianca Chairunisa

“Kita menuju pada satu model sistem dan tata kelola keuangan negara yang harus kredibel, akuntabel, dan transparan. Sehingga bisa meningkatkan social trust pada penyelenggaraan negara, kepada government. Karena trust melahirkan pemerintah yang efektif bekerja, kepercayaan publik pada negara ini sangat penting,” terang Taufik.

BACA JUGA:Inovasi Digitalisasi Sistem SIMRS UPMEDIK: Pilihan Terbaik untuk Digitalisasi Rumah Sakit dan Klinik di Indonesia

Bentuk Layanan Transformasi Digital

Dikutip dari laman resmi Kominfo, semangat transformasi digital di berbagai aspek ditunjukan lewat pembangunan portal nasional yang akan menaungi sembilan layanan prioritas pada tahap awal.

Selain itu, pemerintah juga telah menunjuk BUMN Peruri sebagai Government Technology yang akan menyelenggarakan aplikasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) prioritas layanan milik Kementerian dan Lembaga Pemerintah, meliputi Layanan Pendidikan, Layanan Kesehatan, Layanan Bantuan Sosial, Layanan Administrasi Kependudukan, Layanan Transaksi Keuangan Negara, Layanan Administrasi Pemerintahan, Layanan Portal Layanan Publik, Layanan Satu Data Indonesia, dan Layanan Kepolisian.

Dengan mengutamakan integrasi dan interoperabilitas, pemerintah berkomitmen untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya bagi seluruh masyarakat Indonesia, untuk mendukung empat pilar utama transformasi digital, yakni infrastruktur, pemerintahan, ekonomi, dan masyarakat digital.

Empat pilar ini harus berjalan secara sinergis bersama-sama untuk mewujudkan Indonesia menjadi salah satu negara ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

(Bianca Chairunisa)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: