Mengenal Fintech Media Toolkit, Salurkan Modal Pinjaman Mudah dan Aman Bagi UMKM

Mengenal Fintech Media Toolkit, Salurkan Modal Pinjaman Mudah dan Aman Bagi UMKM

Fintech Media Toolkit-Sepakat mendorong peningkatan pemahaman publik yang lebih positif dan mengajak turut berpartisipasi dalam gerakan kolektif “impact investing”. -Sabrina Hutajulu

(4) Perlunya ketersediaan data granular UMKM untuk membantu UMKM mengakses pembiayaan.

Bhima Yudhistira selaku Direktur Eksekutif CELIOS menyatakan Fintech Media Toolkit ini merangkum berbagai konsep, inisiatif, strategi, dan kisah lapangan fintech di segmen akar rumput produktif, sebagai alat bantu tingkatkan public awareness.

Bhima melanjutkan, penguatan industri fintech dapat diawali dengan penguatan fase credit scoring, sebagai upaya mitigasi risiko untuk menjaga kualitas penyaluran kredit mikro yang sehat.

"Sebagai contoh, Amartha mengoptimalkan penggunaan risk-profiling berbasis AI (kecerdasan buatan) agar lebih akurat untuk memitigasi risiko, serta menjaga kualitas pinjaman ke UMKM. Hal tersebut merupakan standar yang sangat baik di industri,” tandas Bhima.

BACA JUGA:Dompet Dhuafa Gandeng Fintech Duithape

Salah satu case study yang mengemuka adalah perjalanan Amartha mendukung impact investing secara berkelanjutan.

Sejak didirikan pada 2010, Amartha berkontribusi pada kelompok-kelompok yang rentan di Indonesia seperti anak-anak dan para perempuan.

Amartha menjembatani para pemilik modal baik dari individu hingga institusi berskala global, untuk menyalurkan permodalan berkelanjutan kepada UMKM akar rumput di wilayah rural.

Tujuannya adalah pemerataan kesejahteraan.

“Melalui bisnis modelnya, Amartha memberikan akses pendidikan di sektor formal maupun informal, mendorong pemerataan digitalisasi untuk sektor pendidikan di wilayah pedesaan, sehingga mendorong para perempuan di wilayah pinggiran pedesaan untuk lebih berdaya secara ekonomi dan keberlanjutan,” tutup Aria Widyanto.

(Sabrina Hutajulu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: