PKS Protes Makan Siang Gratis Pakai Dana BOS, 'Itu Dana Peningkatan Mutu Pendidikan!'

PKS Protes Makan Siang Gratis Pakai Dana BOS, 'Itu Dana Peningkatan Mutu Pendidikan!'

Ilustrasi makan siang di sekolah-Freepik.com-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Anggota Fraksi PKS Fahmi Alaydrus melayangkan protes terkait rencana program makan siang gratis yang direncanakan menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

"Kami ingin sampaikan bahwa sesungguhnya perbincangan makan siang gratis yang merupakan program janji dari capres-cawapres di periode kampanye kemarin sesungguhnya belum layak untuk diperbincangkan. Apalagi kemudian terdengar wacana bahwa program tersebut akan menggunakan program BOS," kata Fahmi di ruang rapat paripurna, Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Selasa, 5 Maret 2024.

BACA JUGA:Mengenal Dana BOS yang Diterima Siswa, Jadi Sumber Anggaran Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran

Fahmi mengatakan seharusnya dana BOS digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

"Biaya operasional sekolah kita pahami adalah biaya yang sepenuhnya dipergunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan kita masih banyak persoalan-persoalan pendidikan di negeri kita persoalan-persoalan guru persoalan infrastruktur sarana prasarana sekolah yang masih sangat memerlukan pendanaan," ungkapnya.

Ia pun mewanti-wanti agar program tersebut tidak mengganggu program dana BOS untuk meningkatkan mutu pendidikan.

BACA JUGA:Menko Perekonomian Airlangga Pantau Langsung Simulasi Makan Siang Gratis di Tangerang, Intip Menu dan Kandungan Gizinya

"Kami sampaikan protes atas atau kritik jangan sampai janji-janji kampanye yang terkait dengan makan siang gratis itu menggerus dan mengganggu atau mengatakan program BOS yang terkait dengan upaya kita meningkat kan mutu pendidikan," imbuhnya.

Fahmi menjelaskan protes ini ia sampaikan dalam rapat paripurna DPR RI karena telah membuat banyak pihak merasa gelisah.

"Ini kami sampaikan karena wacana tersebut sudah mulai menggelisahkan banyak pihak terutama pihak-pihak yang terkait dengan peningkatan mutu pendidikan juga bagi teman-teman tenaga pendidik teman-teman guru mereka gelisah mereka khawatir kemudian dana tersebut tergerus," ungkapnya.

BACA JUGA:Saat Warga Antusias Sambut Menhan Prabowo yang Mampir Makan Siang di Kios Bakso Milik Dudung Abdurachman di Cimahi

"Dan akhirnya yang sebagian dari dana BOS itu dipergunakan untuk menunjang honor mereka mereka akan mendapatkan atau mengalami kerugian," lanjutnya.

Ia pun meminta kepada wakil Ketua DPR RI untuk terus mengawasi anggaran program makan siang ini.

"Jadi saya mohon mudah-mudahan ini menjadi perhatian kita DPR RI untuk terus mengawasi jangan sampai anggaran pendidikan yang sangat-sangat diperlukan itu kemudian terganggu dengan wacana wacana yang sangat tidak relevan dengan peningkatan mutu pendidikan," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: