Cara Mudah Install Aplikasi MitraDarat, Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub 2024

Cara Mudah Install Aplikasi MitraDarat, Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub 2024

Aplikasi MitraDarat-Mulai bisa diinstall untuk pendaftaran mudik gratis Kemenhub 2024-Kemenhub

JAKARTA, DISWAY.ID - Pendaftaran mudik gratis Kemenhub mudah caranya.
 
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau agar masyarakat yang hendak mendaftar mudik gratis dengan transportadi bus dapat mengunduh aplikasi “MitraDarat” di PlayStore atau AppStore pada smartphone. 
 
Pendaftaran dapat dilakukan mulai hari ini, Rabu, 6 Maret 2024 hingga tanggal 3 April 2024 atau jika kuota sudah terpenuhi. 
 
 
Cara Install Aplikasi MitraDarat
 
Pada aplikasi MitraDarat, calon pemudik melakukan login pada aplikasi dengan memasukkan email / akun Google. 
 
Kemudian, masukkan nomor telepon (WhatsApp) dan masukkan kode OTP, jika diminta. 
 
Jika login sudah berhasil maka akan muncul halaman utama aplikasi MitraDarat dan pilih tab “event” untuk lihat menu Mudik Gratis. 
 
Jika ingin memesanan tiket mudik gratis, calon pemudik dapat memilih menu “Mudik Gratis” pada aplikasi MitraDarat. 
 
Lalu pilih lokasi keberangkatan dan tujuan mudik, kemudian pilih armada bus yang sesuai. 
 
Selanjutnya, calon pemudik dapat mengisi data diri. Pemesanan tiket diakhiri dengan meng-klik tombol “Selesaikan Pemesanan”. 
 
 
“Adapun untuk syarat dan Ketentuan Mudik Gartis Tahun 2024 antara lain pendaftaran secara online, melalui aplikasi mobile “MitraDarat”. Peserta juga wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah pada saat mendaftar (KTP)," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno dalam keterangannya kepada wartawan pada Rabu, 6 Maret 2024. 
 
"Setiap peserta hanya bisa memilih 1 (satu) kota tujuan mudik,” tambahnya. 
 
Bila peserta mudik gratis yang akan mengikuti mudik-balik (PP), maka pendaftaran arus balik dilakukan secara bersamaan pada saat mendaftar arus mudik, dengan catatan asal kota balik sama dengan kota tujuan mudik yang dipilih (tidak melayani pendaftaran hanya arus balik atau urban). 
 
Bagi peserta diberikan waktu H+5 (lima) setelah tanggal pendaftaran, untuk melakukan registrasi atau validasi ulang di posko yang telah ditentukan. 
 
Apabila lewat H+5 (lima) peserta tidak melakukan validasi ulang, maka data peserta dianggap gugur atau hangus (kuota akan otomatis bertambah), dan tidak bisa mendaftar ulang (NIK diblok oleh sistem) agar memberikan kesempatan pada peserta lain yang ingin mendaftar atau belum mendapatkan kuota mudik atau balik. 
 
"Jika calon pemudik tidak melakukan registrasi atau validasi ulang sampai batas waktu yang ditentukan maka NIK-nya secara otomatis akan terkena banned dan tidak dapat mengikuti program mudik gratis pada periode selanjutnya selama 3x berturut-turut. Tentu ini harus jadi perhatian bagi para calon peserta," tegasnya. 
 
Peserta yang mudik-balik dengan membawa sepeda motor, wajib membawa surat-surat  kendaraan (STNK dan SIM) dan perlengkapan berkendara serta menyerahkan sepeda motor sesuai dengan tanggal yang ditentukan selambat-lambatnya H-1 (satu) sebelum tanggal seremonial atau keberangkatan bus. 
 
 
Bagi setiap peserta mudik gratis juga  diharapkan dalam keadaan sehat jasmani dan rohani pada saat keberangkatan arus mudik atau balik. 
 
Peserta mudik diwajibkan untuk datang minimal 1 jam sebelum jam keberangkatan. 
 
"Untuk 1 akun pemesan tiket mudik gratis di MitraDarat dapat mendaftarkan maksimal sampai 4 peserta mudik dengan kota tujuan yang sama. Dan 1 akun hanya bisa melakukan pemesanan sebanyak 1 kali," pungkasnya.
 
(Ayu Novita) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: