Gak Banyak yang Tahu, Ini Keistimewaan 10 Hari Pertama di Bulan Ramadan, Simak Juga 5 Amalannya!

Gak Banyak yang Tahu, Ini Keistimewaan 10 Hari Pertama di Bulan Ramadan, Simak Juga 5 Amalannya!

Ilustrasi amalan di bulan Ramadan-Unsplash/ Ed Us-Unsplash/ Ed Us

Tilawah Alquran merupakan amalan 10 hari pertama bulan Ramadan yang sangat dianjurkan. 

Mengutip dari buku Panduan Puasa tulisan Fakhrizal Idris, membaca Alquran secara berkelanjutan pada bulan Ramadan dapat membuka pintu kebaikan dan amal saleh.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari, setiap malam di bulan Ramadan, malaikat Jibril membacakan ayat-ayat Alquran kepada Nabi Muhammad SAW, dan sebaliknya.

"Nabi Shallallahualaihi Wasallam adalah seorang yang paling ringan untuk berbuat kebaikan. Dan paling dermawan lagi pada bulan Ramadhan. Sebab Jibril menemui beliau pada setiap malam dalam bulan Ramadhan hingga ia berlalu, Rasulullah memperdengarkan bacaan Alquran-nya. Ketika Jibril menemuinya, beliau menjadi orang yang lebih cepat berbuat kebaikan seperti cepatnya angin yang berhembus." (HR. Bukhari).

BACA JUGA:Rayakan Bulan Suci Ramadan, Masjid Istiqlal Siapkan 22 Program Spesial dengan Konsep Kemitraan

BACA JUGA:Niat Mandi Wajib Sebelum Puasa Ramadan, Lengkap dengan Tata Caranya

2. Berzikir

Berzikir merupakan salah satu cara untuk senantiasa mengingat Allah dan mendekatkan diri kepada-Nya. 

Allah berfirman dalam surat ar-Ra’d ayat 28 bahwa orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah.

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. ar-Ra’d ayat 28)

Dengan berzikir, seseorang tidak hanya mendapat pahala, tetapi juga ketenteraman hati.

3. Bersedekah untuk Berbuka Puasa

Bersedekah dengan memberikan makanan dan minuman untuk berbuka puasa adalah salah satu amalan 10 hari pertama bulan Ramadan. 

Rasulullah SAW bersabda bahwa memberi makanan dan minuman kepada orang yang berpuasa akan mendatangkan doa dari para malaikat, serta doa dari malaikat Jibril di malam Lailatul Qadar yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad.

Zaid bin Khalid meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa memberi makanan dan minuman dari hasil yang halal kepada orang yang berpuasa, maka para malaikat akan mendoakannya di saat-saat tertentu di bulan Ramadhan, dan malaikat Jibril akan mendoakannya pula di malam Lailatul Qadar.” (HR. Ahmad).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: