Awas! Cek Sederet Wilayah Indonesia yang Berpotensi Dilanda Cuaca Buruk hingga 18 Maret, BMKG: Jakarta Termasuk

Awas! Cek Sederet Wilayah Indonesia yang Berpotensi Dilanda Cuaca Buruk hingga 18 Maret, BMKG: Jakarta Termasuk

Awas! Cuaca Ekstrem Berpotensi Melanda 15 Wilayah di Indonesia hingga 18 Maret, BMKG: Jakarta Termasuk---Freepik

1. Aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) serta fenomena Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial tetap terpantau dan diprediksi akan aktif di wilayah Indonesia dalam beberapa hari mendatang.

2. Terdapat tiga Bibit Siklon Tropis yang termonitor, yaitu Bibit Siklon Tropis 91S, 94S, dan 93P, yang berada di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh terhadap wilayah Indonesia bagian selatan.

BACA JUGA:Cek Jadwal Imsakiyah DKI Jakarta dan Sekitarnya Hari Ini, Jumat 15 Maret 2024

Berdasarkan data Analisis pada tanggal 14 Maret 2024, pukul 07.00 WIB, ditemukan bahwa:

  • Bibit Siklon Tropis 91S memiliki kecepatan angin maksimum 30-35 knots (56 - 65 km/jam), tekanan udara di pusat sistem sebesar 994 hPa, bergerak ke arah tenggara, dan memiliki peluang untuk berkembang menjadi Siklon Tropis dalam kategori SEDANG-TINGGI dalam 24 jam ke depan.
  • Bibit Siklon Tropis 94S memiliki kecepatan angin maksimum 15 - 20 knots (28 - 37 km/jam), tekanan udara di pusat sistem sebesar 999.9 hPa, bergerak ke arah timur-tenggara, dan memiliki peluang untuk berkembang menjadi Siklon Tropis dalam kategori RENDAH dalam 24 jam ke depan.
  • Bibit Siklon Tropis 93P memiliki kecepatan angin maksimum 20 - 25 knots (37 - 46 km/jam), tekanan udara di pusat sistem sebesar 1003 hPa, bergerak ke arah tenggara, dan memiliki peluang untuk berkembang menjadi Siklon Tropis dalam kategori RENDAH dalam 24 jam ke depan.

BMKG terus memonitor perkembangan situasi ini dan akan memberikan informasi terbaru secara berkala kepada masyarakat. Untuk itu, diimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi dampak cuaca yang ditimbulkan oleh dinamika atmosfer tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: