Tips Lolos SNPMB 2024, Ikuti Tips Jitu Mahasiswi ITB

Tips Lolos SNPMB 2024, Ikuti Tips Jitu Mahasiswi ITB

Kampus ITB-Seleksi Mandiri segera dibuka-ITB

JAKARTA, DISWAY.ID - Ingin lolos mendapatkan tiket kuliah di kampus negeri atau PTN, bukan lagi mimpi. 

Ada sejumlah cara jitu untuk bisa meraih harapan itu. 

Saat ini, Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 tengah berlangsung. 

Mahasiswi Institut Teknologi Bandung (ITB), Tirza Mesica Agustine Dasa, mengungkapkan bagaimana proses mendaftar dan mengikuti SNPMB. 

BACA JUGA:Ini Cara Penilaian Seleksi SNBP dan SNBT 2024, Siswa Wajib Tahu dan Tetap Semangat!

Tirza menyampaikan bahwa mengikuti tes penerimaan mahasiswa harus fokus. 

“Aku benar-benar memfokuskan diri untuk mengikuti tes, ikut bimbingan belajar, beli buku latihan soal, dan ikut tryout. Aku benar-benar memanfaatkan sumber dan kesempatan yang ada,” ungkap Tirza.

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi tahun 2024 merupakan jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang dikhususkan bagi siswa lulusan tahun 2024 yang memiliki prestasi di bidang akademik dan non-akademik.

Kemudian UTBK-SNBT dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2022, 2023, dan 2024. Hasil UTBK hanya berlaku untuk mendaftar SNBT 2024.

BACA JUGA:Pendaftaran SNBP 2024 Masih Dibuka, Ini 3 Jalur Seleksi Masuk Unpad SNPMB

Mekanisme seleksi SNBT dilakukan berdasarkan hasil UTBK dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan PTN.

Kemendikbudristek telah menyusun arah baru transformasi dalam pendidikan tinggi salah satunya dengan meluncurkan Merdeka Belajar Episode ke-22: Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), pada September 2022. 

Transformasi seleksi PTN bertujuan untuk menyelaraskan pembelajaran di jenjang pendidikan menengah dengan pendidikan tinggi.

Selain itu, kebijakan ini juga bermaksud untuk memberikan kesempatan yang lebih adil kepada peserta didik terutama yang memiliki latar belakang kesulitan ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: