Xiaomi Catat Pertumbuhan Laba 2023 Meroket 126,3%, Kendaraan Listrik Sumbang Triliunan!

Xiaomi Catat Pertumbuhan Laba 2023 Meroket 126,3%, Kendaraan Listrik Sumbang Triliunan!

Xiaomi SU7-Mobil listrik Xiaomi dengan teknologi canggih -Xiaomi

JAKARTA, DISWAY.ID - Xiaomi Corporation, perusahaan teknologi terkemuka yang fokus pada pengembangan smartphone, perangkat pintar, dan platform Internet of Things (IoT), mengumumkan hasil konsolidasi 2023.

Pada tahun tersebut, pendapatan total Xiaomi mencapai 271,0 miliar, sementara laba bersih yang disesuaikan melonjak 126,3% menjadi 19,3 miliar RMB (setara 591.3 Triliun rupiah). 

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedua sejak Xiaomi menjadi perusahaan terdaftar. 

BACA JUGA:Kinclong! Xiaomi SU7 Gagah Tembus Pasar Mobil Listrik, Sedan dengan Smart Cabin

Ikut Disumbang Kendaraan Listrik

Dikutip dari keterangan resmi Xiaomi, Bbisnis Kendaraan Listrik pintar (EV) serta inisiatif baru lainnya mengalami peningkatan hingga mencapai 6,7 miliar RMB (setara dengan 14.6 Triliun rupiah) (biaya kompensasi berbasis saham yang terkait dengan EV pintar dan inisiatif baru lainnya sebesar 0,8 miliar RMB tidak termasuk untuk tahun ini).

Pada kuartal keempat 2023, pendapatan total Xiaomi terus tumbuh selama dua kuartal berturut-turut, mencapai 73,2 miliar RMB (setara dengan 159.7 Triliun rupiah), meningkat 10,9% dari tahun sebelumnya, sementara laba bersih yang disesuaikan melonjak 236,1% YoY menjadi 4,9 miliar RMB. 

Sepanjang tahun 2023, Xiaomi terus menerapkan strategi operasional utamanya yang menekankan skala dan profitabilitas secara bersamaan. Tahun tersebut juga menjadi awal dari implementasi peningkatan strategi perusahaan, yang dikenal sebagai "Human × Car × Home".

Dalam hal kinerja bisnis, pertumbuhan laba mengalami akselerasi pada paruh pertama 2023, diikuti oleh peningkatan pendapatan kuartalan pada paruh kedua.

Kedua indikator ini mencerminkan pertumbuhan ketahanan dan efisiensi yang luar biasa dalam operasional bisnis Xiaomi.

BACA JUGA:Xiaomi POCO M6 Pro Cuma Rp2.999.000, Segini RAM dan Internal Memorinya

Di sisi pengembangan ekosistem, Xiaomi memperkenalkan sistem operasi baru, Xiaomi HyperOS, dan menggelar acara peluncuran teknologi EV Xiaomi.

Acara peluncuran produk Xiaomi SU7 Series dijadwalkan pada 28 Maret 2024, yang akan semakin memperkaya portofolio ekosistem Xiaomi.

Permintaan kuat untuk model smartphone flagship didorong oleh tren premiumisasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: