Selamat! 2.105 Siswa Lolos SNBP 2024 Diterima di UI

Selamat! 2.105 Siswa Lolos SNBP 2024 Diterima di UI

Pengumuman SNBP 2024-Selamat untuk siswa yang lolos masuk UI-UI

JAKARTA, DISWAY.ID - Universitas Indonesia (UI) mengumumkan sebanyak 2.105 calon mahasiswa baru lolos seleksi lewat jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dari total peserta yang memilih UI 27.754. 

Hasil SNBP 2024 diumumkan melalui laman SNPMB https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ atau https://snbp.ui.ac.id/ dengan memasukkan nomor pendaftaran pengumuman SNBP 2024 dan tanggal lahir. 

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek) Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, M.Sc., pada konferensi pers menegaskan bahwa sesuai dengan dengan aturan yang telah ditetapkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, & Teknologi (Kemendikbudristek), peserta yang dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024, tidak dapat mendaftar seleksi jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan jalur mandiri di perguruan tinggi negeri mana pun.

BACA JUGA:Alhamdulillah Lolos Pengumuman SNBP 2024, Wajib Segera Daftar Ulang

Hal ini dilakukan sebagai salah satu strategi pemerintah dalam meningkatkan angka keterserapan peserta didik menuju perguruan tinggi. 

Calon mahasiswa baru yang diterima UI dari jalur SNBP 2024 merupakan siswa dari 893 sekolah, yang terdiri atas 736 dari Sekolah Menengah Atas (SMA), 100 dari Madrasah Aliyah (MA), dan 57 dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Berbagai sekolah ini berasal dari 207 Kota/Kabupaten dari 38 Provinsi Indonesia dan luar negeri.

Selain itu, dari total yang diterima, terdapat 265 orang merupakan pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP)-Kuliah.

Angka pemegang KIP-Kuliah ini meningkat dari tahun sebelumnya, yaitu 224 orang. 

Pada tahun ini, program studi (prodi) yang paling banyak diminati oleh peserta SNBP 2024 dari rumpun Ilmu Sains, Teknik, dan Kesehatan (Saintekes) adalah S1 Pendidikan Dokter dengan pendaftar 1.720 pendaftar. Sedangkan, dari rumpun ilmu Sosial Humaniora (Soshum) adalah S1 Ilmu Hukum dengan 1.634 pendaftar. 

BACA JUGA:Hari Ini Pengumuman SNBP 2024, Bismillah Lolos Dapat Warna Biru

Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UI Gunawan mengucapkan selamat.

“Selamat kepada calon mahasiswa baru UI yang telah lolos dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024. Bagi yang belum berhasil, masih bisa berkesempatan mengikuti jalur lainnya, yaitu melalui UTBK-SNBT dan jalur mandiri UI,” tuturnya. 

“Bagi para calon mahasiswa yang ingin mencoba kesempatan seleksi UTBK – SNBT, pendaftaran masih berlangsung hingga 5 April 2024, dan pendaftaran seleksi mandiri UI akan dibuka pada 19 Juni – 8 Juli 2024,” ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: