Buktikan Manfaat Tanaman Lidah Mertua untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Buktikan Manfaat Tanaman Lidah Mertua untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Tanaman Lidah Mertua-Ini manfaatnya untuk kecantikan-Tukang Taman Surabaya

Penelitian Lidah Mertua untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Dikutip dari laman Jurnal Pendidikan Tambusai Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, dalam penelitian Pengaruh Penggunaan Daun Lidah Mertua (Sansevieria Trifisciata Laurentii) dan Madu Sebagai Hair Tonic Tradisional Untuk Perawatan rambut Rontok, disebutkan bahwa lidah mertua bermanfaat untuk kecantikan. 

Rambut dikatakan rontok jika mencapai 40-100 helai setiap harinya.

Daun lidah mertua dan madu diteliti memiliki manfaat untuk mengatasi kerontokan rambut serta dapat dijadikan sediaan hair tonic tradisional. 

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis daun lidah mertua dan madu sebagai hair tonic untuk perawatan rambut rontok. penelitian ini adalah eksperimen dengan metode (quasi experiment) dengan desain Non equivalent control group design.

BACA JUGA:7 Tanaman Pengusir Nyamuk, Bisa Bantu Cegah DBD!

 Sampel penelitian sebanyak 7 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (ANOVA) dilanjutkan dengan uji duncan. 

Hasil analisis menunjukan bahwa pada kelompok kontrol (X0) tanpa penggunaan daun lidah mertua dan madu tidak terdapat perubahan tingkat kerontokan pada rambut.

Pada kelompok eksperimen 1 dan eksperimen 2 dengan menggunakan hair tonic daun lidah mertua dan madu menunjukan terdapat perubahan yang signifikan pada tingkat kerontokan rambut.

Terdapat perbedaan pengaruh pada penggunaan daun lidah mertua dan madu pada tiga kelompok dengan perlakuan berbeda untuk indikator jumlah helai kerontokan rambut dengan signifikan 0.034<0.050.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: