Polri: Program Ferienjob Resmi di Jerman, Tapi Disalahgunakan di Indonesia

Polri: Program Ferienjob Resmi di Jerman, Tapi Disalahgunakan di Indonesia

Dirtipidum Bareskrim Polri, Brigjen Djuhandani Rahardjo Puro-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID - Polri menjelaskan jika program magang mahasiswa ferienjob di negara Jerman sebetulnya program resmi di negara asalnya

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Djuhandani Rahardjo Puro mengatakan mahasiswa yang mengikuti program itu bertujuan untuk menambah uang saku selama musim liburan.

BACA JUGA:Bareskrim Polri Beberkan Peran 5 Tersangka TPPO Modus Magang ke Jerman

BACA JUGA:3 Tersangka TPPO Modus Magang ke Jerman Tidak Ditahan, Hanya Wajib Lapor

"Program (Ferienjob) di Jerman adalah program yang resmi dimana tiap Program pada bulan Oktober sampai Desember itu adalah program merekruit mahasiswa untuk bekerja mencari uang tambahan uang saku dan lain sebagainya ini adalah resmi di Jerman," kata Djuhandani kepada wartawan, Rabu, 27 Maret 2024.

Jenderal bintang satu itu menjelaskan program tersebut malah disalahgunakan di Indonesia.

Dimana jadwal magang tidak sesuai dengan ketentuan libur di Indonesia.

"Program khususnya magang di universitas program magang ini sebetulnya nggak connect karena kalau kita lihat lebih lanjut di Indonesia itu liburannya adalah pada bulan Juni Juli untuk mahasiswa tapi pelaksanaan Ferienjob dilaksanakan bulan Oktober sampai Desember," imbuhnya.

Lebih jauh, Djuhandhani mengatakan upaya meloloskan dilakukan tersangka untuk memberangkatkan para mahasiswa. Termasuk memberangkatkan para korban dengan menggunakan visa wisata.

"Sehingga proses-proses untuk meloloskan mahasiswa mengikuti program itu dianggap sah mereka merubah data yaitu data liburan dan sebagainya," sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: