Hasil Pengumuman SNBP 2024, Mayoritas Calon Mahasiswa Berhasil Lolos PTN Pilihan ke-1

Hasil Pengumuman SNBP 2024, Mayoritas Calon Mahasiswa Berhasil Lolos PTN Pilihan ke-1

Link dan cara cek pengumuman hasil SNBP 2024. --

Jumlah peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Jalur SNBP Tahun 2024 berdasarkan hasil seleksi yang dilakukan oleh masing-masing Direktur PTN Vokasi adalah 29.608 peserta.

Terdiri atas jumlah lulus pada Pilihan 1 sebanyak 24.680 peserta dan pada Pilihan 2 sebanyak 4.928 peserta—dengan keketatan 26,30%.

Dari jumlah peserta yang dinyatakan lulus tersebut, sebanyak 10.315 (34,84%) adalah peserta dengan KIP Kuliah (calon penerima bantuan biaya pendidikan tinggi dari Pemerintah).

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Abdul Haris, mengungkapkan bahwa pemerintah melalui Kemendikbudristek terus berupaya untuk meningkatkan angka partisipasi kasar perguruan tinggi. 

“Ini bagian dari upaya kita kalau semangat dan animo dari para calon mahasiswa ini juga terus meningkat, mudah-mudahan ini juga memberikan hasil yang signifikan dalam upaya Kemendikbudristek dalam mengupayakan peningkatan angka partisipasi kasar ini,” ujarnya.

Haris menambahkan, bahwa salah satu strategi yang ditempuh guna mencapai tujuan tersebut adalah dengan memastikan bahwa jalur penerimaan yang diselenggarakan pemerintah dapat secara maksimal dan efektif menyerap peserta didik menuju perguruan tinggi.

“Kami harap adik-adik calon mahasiswa dapat bijak dalam memilih dan benar-benar mempersiapkannya, karena Kemendikbudristek juga memiliki peraturan tersendiri dalam penerimaan seleksi mahasiswa baru ini yang tertuang dalam Permendikbudristek Nomor 26 Tahun 2023 dan di situ sudah jelas bahwa adik-adik calon mahasiswa untuk memilih apa yang menjadi minat dan kemampuan dalam membangun karir masa depannya,” pesan Haris.

BACA JUGA:Hore! 3.546 Camaba Lolos SNBP 2024 Diterima di IPB, Cek Link Daftar Ulang di Sini

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Vokasi), Kiki Yuliati, mengungkapkan rasa terima kasih kepada para panitia, Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan, serta para kepala sekolah dan guru khusus atas penyelenggaraan SNBP.

“Ada banyak peran guru dan peran kepala sekolah dalam input data calon mahasiswa, kami panitia Kemendikbudristek telah memperpanjang masa pendaftaran ini seringkali terjadi karena ada keluhan dari sekolah data belum terinput dengan baik dan berbagai keluhan-keluhan lain dan fenomena ini terjadi hampir setiap tahun,” ucapnya.

Keluhan yang muncul setiap tahun dari peserta seleksi ini diharapkan Kiki dapat terus diminimalisir. 

“Saya berharap para siswa, kepala sekolah, dan guru dapat menyiapkan dokumen sejak jauh hari ketika proses pendaftaran sudah dibuka sebelum pengumuman disampaikan dan juga memasukkan data ke sistem sebelum tenggat waktu,” katanya seraya mengungkap fakta bahwa animo masyarakat kian besar untuk masuk ke perguruan tinggi. 

Sementara itu, Ketua Umum Tim Penanggung Jawab SNPMB Tahun 2024, Ganefri, menyampaikan ucapan selamat kepada peserta SNBP Tahun 2024 yang dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBP.

Ia  berpesan bahwa peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Jalur SNBP Tahun 2024 tidak dapat mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) Tahun 2024, 2025, dan 2026 maupun Seleksi Mandiri Tahun 2024 di PTN mana pun.

“Oleh karena itu, peserta yang lulus segera melakukan verifikasi data akademik dan registrasi ulang sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh PTN yang dituju,” ujar Ganefri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: