Pameran Alimentaria Spanyol, Perusahaan Mamin Indonesia Raup Transaksi Rp402 M

Pameran Alimentaria Spanyol, Perusahaan Mamin Indonesia Raup Transaksi Rp402 M

Pameran Alimentaria 2024 di Barcelona, Spanyol pada 18–21 Maret 2024.-kemendag -

JAKARTA, DISWAY.ID-- Indonesia berhasil mencetak potensi transaksi dan transaksi dagang hingga USD 25,6 juta atau setara Rp402 miliar dalam Pameran Alimentaria 2024 di Barcelona, Spanyol pada 18–21 Maret 2024.

Pada pameran makanan dan minuman (mamin) se-Eropa ini, keikutsertaan Indonesia difasilitasi Kementerian Perdagangan RI melalui Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Barcelona, Spanyol.

“Keikutsertaan perusahaan makanan dan minuman Indonesia dengan fasilitasi Pemerintah Indonesia kami harap dapat memacu perdagangan kedua negara, khususnya ekspor Indonesia ke Spanyol di bidang mamin. Kami amati selama ini, produk makanan kedua negara berperan saling melengkapi; tidak bersaing secara langsung,” Kata Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi secara terpisah.

BACA JUGA:Ekspor Industri Makanan dan Minuman Meningkat, Tembus USD41,70 M Hingga Dulang 6,55 Persen PDB Nasional

Kepala ITPC Barcelona Freddy Josep Pelawi yang hadir saat pembukaan Paviliun Indonesia mengatakan bahwa dalam Alimentaria 2024 ini, produk organik dan alami mendapat perhatian khusus dari beberapa distributor seperti Manuka World dan Pano Fruits yang khusus membidik konsumen dengan kelas pendapatan menengah ke atas.

Sementara itu, distributor besar seperti Mercadona, Aldi, dan Carrefour meminati baik produk organik maupun alami dengan pelabelan sesuai ketentuan Uni Eropa dan harga yang sangat ditekan.

“Sejumlah distributor produk organik dan alami secara khusus membidik konsumen menengah atas. Di sisi lain, distributor besar cenderung menekan harga, karena harga menjadi faktor penting bagi konsumen yang mereka sasar, yaitu masyarakat umum yang menuntut harga murah namun kualitas barang yang baik,” Ungkap Josep.

Perusahaan Indonesia berperan aktif pada Alimentaria tahun ini. Perusahaan-perusahaan tersebut yaitu Sarinah, Mayora, Indofood, Sasa, Unifam, Gulapa, Merpati Mahardika, Javara, Adore, Yang Karya (SINA), dan Kuala Pangan.

BACA JUGA:Kemendag Musnahkan Produk Impor Melanggar Aturan Senilai Rp9,33 Miliar

Sementara itu, produk yang ditampilkan pada paviliun Indonesia antara lain multiproduk mamin serta komoditas dari Sarinah, MDS, dan SL; permen jahe dan variannya dari SINA; permen susu, produk susu, dan mie instan Lemonilo dari Unifam; gula kelapa organik dan variannya dari Gulapa; vanili dan produk boga bahari dari Adore; mi kering dari Bossmie dan Kuala Pangan; serta multiproduk organik dari Javara dan Merpati Mahardika.

Sementara itu, Indofood hadir dengan booth sendiri di area pameran yang sama dengan tetap berkoordinasi dengan Perwakilan Perdagangan Indonesia di Spanyol. (Bianca Chairunissa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: