Kemenpora Data Atlet Diaspora dari Seluruh Cabor

Kemenpora Data Atlet Diaspora dari Seluruh Cabor

Menpora Dito Aritedjo seusai peluncuran Diskusi Publik #KlubBerkawan, Kamis 28 Maret 2024.-Dimas Rafi-

JAKARTA, DISWAY.ID--  Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Dito Aritedjo mengungkapkan, saat ini sedang mendata para atlet diaspora dari seluruh cabor yang ada.

Data tersebut nantinya diberikan kepada federasi-federasi olahraga untuk bisa diproses sesuai kebutuhan dan rekomendasi pelatih

“Jadi sifatnya Kemenpora menggalang informasi dan database diaspora sedunia yang memang half-blood-nya jelas Indonesia,” ungkap Dito.

BACA JUGA:Luncurkan Klub Berkawan, Menpora Ingin Lahirkan Habibie-Habibie Baru

Ia pun menyampaikan apresiasi atas kemenangan 3-0 Timnas Indonesia atas Vietnam pada laga tandang Grup F babak kedua turnamen kualifikasi Piala Dunia 2026.

Terlebih lagi, kemenangan ini memecahkan rekor 20 tahun Vietnam yang tidak pernah menang di kandang sendiri.

“Pastinya setiap prestasi yang dihasilkan kontingen kita, atlet kita, atau timnas kita, kita sangat bahagia. Karena ini menunjukkan bagaimana progresnya sangat baik,” ujar Menpora Dito kepada awak media seusai peluncuran Diskusi Publik #KlubBerkawan, Kamis 28 Maret 2024 di Perpustakaan Habibie Ainun.

Dito menilai masuknya pemain baru melalui proses naturalisasi diaspora memegang peranan penting.

BACA JUGA:Menpora Dito Beberkan Fun Volleyball Didanai Lembaga Pengelola Dana Usaha Olahraga

Oleh karenanya ia berharap perjuangan timnas Indonesia bisa terus berlanjut hingga babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 dan kembali mengukir sejarah.

“Untuk para atlet diaspora, saya sampaikan pada saat raker dengan DPR, saat ini kita mempercepat naturalisasi. Kami ingin atlet-atlet yang kitanaturalisasi ini benar-benar adalah diaspora, jadi memiliki keturunan langsung Indonesia,” terang Menpora Dito.

Tak hanya sepak bola, apresiasi juga diberikan kepada para atlet yang berprestasi di cabang olahraga lain, seperti pebulutangkis Indonesia yang berhasil meraih gelar juara All England Open dan Swiss Open. 

Menpora mengatakan, prestasi ini menunjukkan kegigihan federasi olahraga seperti PSSI dan PBSI untuk memajukan prestasi olahraga nasional.

BACA JUGA:Menpora Dito Tegaskan Laga Voli Eksibisi Red Sparks di Indonesia Tak Gunakan APBN!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: