Ini Bacaan Sholat Tahajud di Sepertiga Malam, Lengkap dengan Hikmahnya

Ini Bacaan Sholat Tahajud di Sepertiga Malam, Lengkap dengan Hikmahnya

Ini Bacaan Sholat Tahajud, Lengkap dengan Hikmahnya-pikisuperstar-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Sholat Tahajud menjadi salah satu jenis ibadah sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari.

Lebih tepatnya sholat Tahajud dilakukan pada sepertiga malam terakhir sebelum waktu Subuh.

Sholat Tahajud jelas memiliki keutamaan dan keistimewaan tersendiri dalam Islam karena dilakukan di waktu yang sangat dianjurkan untuk beribadah dan berdoa kepada Allah.

Kalian harus tahu beberapa hikmah atau keutamaan dari menjalankan sholat Tahajud bagi umat Islam.

BACA JUGA:Kencang Sholat Tahajud Tapi Hidup Masih Gini-gini Aja, Gus Baha: Orang Kok Bodohnya Bukan Main!

Berikut adalah beberapa informasi tambahan tentang Sholat Tahajud:

1. Waktu Pelaksanaan: Sholat Tahajud dilakukan pada malam hari, setelah seseorang telah tidur sejenak dan bangun kembali untuk melaksanakan ibadah. Waktu yang paling dianjurkan untuk melaksanakan Sholat Tahajud adalah pada sepertiga malam terakhir sebelum waktu Subuh.

2. Jumlah Rakaat: Sholat Tahajud tidak memiliki jumlah rakaat yang tetap seperti sholat wajib lainnya. Biasanya, sholat tahajud dilakukan dengan melakukan beberapa rakaat, kemudian beristirahat sejenak, lalu melanjutkan dengan rakaat berikutnya. Namun, tidak ada batasan atau jumlah rakaat yang ditetapkan secara khusus.

3. Doa dan Dzikir: Selain melakukan sholat, waktu Sholat Tahajud juga digunakan untuk berdoa dan berdzikir kepada Allah SWT. Waktu tersebut dianggap sebagai waktu yang paling baik untuk berkomunikasi dengan Allah, memohon ampunan, memohon pertolongan, dan menyampaikan segala keinginan dan harapan kepada-Nya.

BACA JUGA:Penjelasan Gus Baha soal Hukum Sholat Tahajud, Dhuha, dan Witir Boleh Berjamaah atau Tidak

4. Keutamaan: Sholat Tahajud memiliki berbagai keutamaan di antaranya adalah mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa-dosa, meningkatkan kualitas iman dan taqwa, mendapatkan berkah dalam kehidupan, serta menjaga diri dari perbuatan maksiat.

5. Dianjurkan bagi Muslim: Meskipun Sholat Tahajud tidak termasuk dalam sholat wajib, namun Rasulullah SAW sangat menganjurkan umat Islam untuk melaksanakannya. Beliau sendiri seringkali melaksanakan Sholat Tahajud dengan penuh khusyuk dan keikhlasan.

ATURAN DAN BACAAN SHOLAT TAHAJUD


Tata Cara Menjalankan Sholat Tahajud di Sepertiga Malam---Freepik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: