Ini Bacaan Sholat Tahajud di Sepertiga Malam, Lengkap dengan Hikmahnya

Ini Bacaan Sholat Tahajud di Sepertiga Malam, Lengkap dengan Hikmahnya

Ini Bacaan Sholat Tahajud, Lengkap dengan Hikmahnya-pikisuperstar-Freepik

Sholat Tahajud dapat dilakukan setelah bangun tidur di malam hari.

BACA JUGA:Datang Langsung ke Reuni 212, HRS Ikut Shalat Tahajud Berjamaah

Tidak ada batas maksimal jumlah rakaat yang harus dilakukan. Disarankan untuk tidak melewatkan sholat Tahajjud setiap malam, meskipun hanya dua rakaat.

Setelah membaca Al-Fatihah, surat yang dibaca dapat dipilih dari Al-Qur'an, baik surat pendek maupun surat panjang.

Akan tetapi menurut Al-Habib Abdullah Al-Haddad, disarankan untuk membaca Al-Qur'an secara berurutan mulai dari awal hingga akhir.

Sehingga dalam rentang waktu satu bulan, empat puluh hari, atau periode waktu lainnya, seseorang dapat menyelesaikan Al-Qur'an dalam shalat Tahajud sesuai dengan semangatnya.

BACA JUGA:Intip Sosok Berbahaya Hoang Anh Tuan, Pelatih Vietnam Pengganti Philippe Troussier, Shin Tae-yong Pernah Kalah di Final AFF U23

Hal ini sesuai dengan firman Allah ﷻ: "Maka bacalah apa yang mudah dari Al-Qur'an." (QS al-Muzammil: 20).

فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنَ الْقُرْآنِ

Artinya, “ … Maka bacalah apa yang mudah dari Al-Qur’an.” (QS al-Muzammil: 20). (Ad-Dimyathi, Hâsyiyyah I’ânatuth Thâlibîn, juz I, halaman 267).

Langkah-langkah, Niat, dan Doa dalam Sholat Tahajud adalah sebagai berikut:

BACA JUGA:Gerhana Matahari Total 8 April, Apakah Benar Bumi Akan Gelap?

1. Melakukan niat shalat Tahajud dengan mengucapkan: "Aku menyengaja shalat sunnah Tahajud dua rakaat karena Allah ta'ala."

2. Niat tersebut dilakukan di dalam hati bersamaan dengan takbiratul ihram, dan diulang hingga salam setelah dua rakaat.

3. Setelah salam atau selesai seluruh shalat, disarankan untuk membaca doa: "Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan seluruh makhluk di dalamnya. Aku berserah kepada-Mu, aku beriman kepada-Mu, aku pasrah kepada-Mu. Ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang akan datang, dosa yang kusembunyikan dan yang kuantarkan, serta dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahui daripada diriku. Engkaulah Yang Maha Awal dan Yang Maha Akhir. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: