Intip Sosok Berbahaya Hoang Anh Tuan, Pelatih Vietnam Pengganti Philippe Troussier, Shin Tae-yong Pernah Kalah di Final AFF U23

Intip Sosok Berbahaya Hoang Anh Tuan, Pelatih Vietnam Pengganti Philippe Troussier, Shin Tae-yong Pernah Kalah di Final AFF U23

Hoang Anh Tuan (kiri), Philippe Troussier (kanan)-Bongda24H-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Ternyata Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) hanya menunjuk pelatih Hoang Anh Tuan sebagai kapten timnas U23 Vietnam dan untuk sementara membiarkan kursi panas pengganti pelatih Philippe Troussier yang baru saja dipecat imbas kekalahan dari Indonesia dengan skor telak 3-0 di stadion My Dinh.

Prestise pelatih Hoang Anh Tuan

Jika mempertimbangkan sepak bola remaja saja, Hoang Anh Tuan telah menjadi pelatih terbaik Vietnam selama 8 tahun terakhir. 

BACA JUGA:Indonesia-Hanoi Perkuat Program Pendidikan, Ditandai Kerjasama Untar dan Universitas di Vietnam

Prestasinya yang masih diingat oleh pecinta sepakbola Vietnam adalah saat mencapai semifinal tim Vietnam U19 U19 Asia 2016 di bawah asuhan Tuan "son" (julukan Hoang Anh Tuan), sehingga memenangkan tiket ke final Piala Dunia U20 2017.

Ini adalah kedua kalinya dalam sejarah sepak bola Vietnam tampil di ajang kelas dunia, setelah pelatih Bruno Garcia Formoso dan timnya berhasil meraih satu tempat di putaran final Piala Dunia Futsal 2016. 

Kembali ke masa sekarang, setahun terakhir, pelatih Hoang Anh Tuan juga tampil mengesankan saat membantu Vietnam U23 sukses mempertahankan gelar juara turnamen U23 Asia Tenggara.

BACA JUGA:Ini Dia Pelatih Baru Vietnam, Pengganti Philippe Troussier, Ternyata Pernah Kalahkan Shin Tae-yong di Final AFF U23 2023

Saat itu Vietnam bertemu dengan timnas Indonesia U23 yang dibawah asuhan Shin Tae-yong.

Tampil imbang hingga 90 menit plus tambahan waktu, akhirnya Vietnam pun menang adu penalti dengan skor 6-5.

Namun, waktu yang dihabiskan oleh ahli strategi kelahiran 1968 itu juga memiliki kesedihan. Pelatih Hoang Anh Tuan mengundurkan diri setelah kalah dari Kamboja U18 1-2 di kandang Thong Nhat pada Agustus 2019, sehingga gagal lolos babak penyisihan grup turnamen Asia Tenggara U18.


Pelatih Hoang Anh Tuan saat membawa Vietnam juara Piala AFF U23 2023-Bongda24H-

Setelah itu, Hoang Anh Tuan mengambil rehat dari kepelatihan untuk bekerja sebagai Direktur Teknik Phu Dong Club pada tahun 2021 hingga 2022. 

Pada tahun 2022, mantan pelatih Khanh Hoa Club mendampingi Vietnam U16 di turnamen Asia Tenggara U16, namun dalam peran tersebut posisi ketua tim dan kapten adalah milik Tuan Nguyen Quoc Tuan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: