Suara Erdogan Kalah di Istanbul, Ekrem Imamoglu Unggul 50.92 Persen

Suara Erdogan Kalah di Istanbul, Ekrem Imamoglu Unggul 50.92 Persen

Setelah melakukan penghitungan, suara Erdogan kalah di Istanbul, dimana Ekrem Imamoglu unggul 50.92 persen.-tangkapan layar X@RTErdogan-

JAKARTA, DISWAY.ID – Setelah melakukan penghitungan, suara Erdogan kalah di Istanbul, dimana Ekrem Imamoglu unggul 50.92 persen.

Perolehan suara dari pesaing Presiden Tayyip Erdogan di Istanbul disebutkan sebagai titik balik bagi Ekrem Imamoglu.

Warga Turki di Istanbul pada Minggu 31 Maret lalu turun ke jalan untuk merayakan perolehan suara yang berhasil didapat oleh Ekrem Imamoglu yang juga merupakan Wali Kota Istanbul.

Ini menandai kekalahan terburuk bagi Erdogan dan Partai AK (AKP) yang dipimpinnya dalam lebih dari dua dekade kekuasaan mereka.

BACA JUGA:Viral! Diduga Wanita Main Tebas Hingga Korban Terkapar di Pinggir Jalan Kawasan Karawaci, Polisi Cek Kebenaran Video

BACA JUGA:Yusril Mempertanyakan Kapasitas Ahli yang Dibawa Tim Amin

Disinyalir hal ini bisa menjadi sinyal perubahan dalam lanskap politik negara yang terpecah dan  Erdogan menyebutnya sebagai ‘titik balik’ dalam pidatonya.

Para analis menjelaskan bahawa perolehan kepercayaan Erdogan dan AKP semakin terpuruk diperkirakan karena melonjaknya inflasi, ketidakpuasan pemilih Islam dan di Istanbul, seruan Imamoglu melampaui basis sekuler CHP.

“Mereka yang tidak memahami pesan negara pada akhirnya akan kalah,” terang Imamoglu di depan pendukungnya yang bergembira pada Minggu malam.

BACA JUGA:Kematian Anggota TNI AD yang Disambangi Habib Bahar di Bekasi Ditangani PMJ

BACA JUGA:Peluang Gelar Liga Premier 2023/2024: Favorit Liverpool Setelah Man City dan Arsenal Bermain Imbang

Bahkan para pendukung yang hadir juga meneriakan agar Erdogan segera mengundurkan diri.

Akibat kekalahan ini Erdogan mengatakan bahwa pihaknya akan segera mengambil langkah-langkah untuk menanggapi pesan dari para pemilih.

Dari hasil perhitungan suara yang mencapai 92.92 persen di Istanbul, Imamoglu  berhasil mendapat 50.92 persen dan Erdogan dengan 40.05 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: