Gerakan Pangan Murah Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran 2024

Gerakan Pangan Murah Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran 2024

Gerakan Pangan Murah- Serentak di 294 titik di seluruh Indonesia jelang Lebaran 2024-NFA

JAKARTA, DISWAY.ID – Guna menjaga ketersediaan dan stabilitas pasokan dan harga pangan Jelang Hari Raya Idul Fitri, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) kembali menggelar Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan secara nasional bersama stakeholder terkait, Senin 1 April di Kompleks Gudang Bulog Kelapa Gading, Jakarta. 

"Hari ini seluruh stakeholder hadir. Pak Mendag Pak Mentan terima kasih atas kehadirannya. Ini bentuk sinergitas hulu hilir. Badan Pangan Nasional bersama BUMN pangan, asosiasi dan pelaku usaha pangan, juga Dharma Wanita Persatuan Badan Pangan Nasional, Kemendagri bersama jajarannya, seluruh pemprov dan pemkab/kota melaksanakan Gerakan Pangan Murah sampai 9 April mendatang. Sehingga kita harapkan masyarakat memperoleh bahan pangan terjangkau, " kata Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi.

Arief mengungkapkan, HBKN merupakan momentum yang selalu menjadi perhatian pemerintah karena pada saat tersebut harga pangan mengalami fluktuasi yang cukup besar mengingat permintaan pangan meningkat. 

"Bapak Presiden Jokowi mengarahkan agar betul-betul momentum ini dijaga. Sehingga Jelang Ramadan tanggal 4 Maret lalu kita gelar Rakornas Pengamanan pasokan dan harga pangan dan hari ini kita melakukan Apel Siaga untuk memastikan stabilitas pangan tetap terjaga pada HBKN." ujar Arief. 

BACA JUGA:Heru Budi Pantau Bazar Sembako Murah, Harga Dua Kali Lipat Lebih Murah

Apel Siaga ini ditandai dengan Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak di 294 titik di seluruh Indonesia dan dihadiri secara daring oleh 15 Pj Gubernur dan 142 Pj Bupati dan Walikota.

Sementara total daerah yang berpartisipasi dalam GPM serentak ini mencapai 28 provinsi dan 278 kabupaten/kota. 

Hingga 27 Maret 2024 lalu, GPM telah dilaksanakan sebanyak kurang lebih 2.898 kali di seluruh wilayah provinsi maupun kabupaten/kota, baik yang bersumber dari APBN, APBD, maupun mandiri. 

Adanya masifikasi GPM ini merupakan salah satu wujud kehadiran pemerintah dalam upaya menjamin aksesibilitas pangan baik secara fisik maupun ekonomi kepada masyarakat.

BACA JUGA:Pasar Murah 1.000 Sembako Hingga Bazar UMKM, HK Meriahkan Safari Ramadhan BUMN di Lampung Tengah

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifi Hasan mengatakan harga sejumlah bahan pokok relatif turun. Ia memastikan stok bahan pokok tersedia dan diharapkan harga tetap turun dan stabil.

 "Insya Allah puasa dan lebaran sembako tersedia dan harga turun. Mudah-mudahan gak naik," kata dia saat meninjau ke Pasar Sehat Soreang.

Dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan jajarannya untuk melakukan langkah-langkah persiapan dan antisipasi terhadap ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok menjelang Idul Fitri. Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa saat ini pemerintah telah melakukan langkah-langkah persiapan salah satunya dalam menekan harga bahan pokok.

BACA JUGA:Keren! PNM Bagi-Bagi 1.000 Paket Sembako Murah di Lampung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: