Dinas LH DKI Jakarta Siagakan 3.080 Petugas Kebersihan Saat Libur Lebaran

Dinas LH DKI Jakarta Siagakan 3.080 Petugas Kebersihan Saat Libur Lebaran

Pemprov DKI Jakarta siagakan 3.080 Petugas Kebersihan saat Perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah-Dok. Pemprov DKI Jakarta-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta tetap siagakan sebanyak 3.080 petugas kebersihan saat malam takbiran hingga hari Idul Fitri 1445 Hijriah dan selama libur Lebaran

Ribuan petugas ini akan disiagakan untuk memastikan Ibukota tetap bersih selama libur lebaran, terutama di masjid-masjid besar, lokasi wisata, hingga area publik.

BACA JUGA:Sukses Pilpres dan Pileg, Target Golkar DKI Jakarta Selanjutnya Usung Zaki sebagai Gubernur

BACA JUGA:Kasus DBD di Jakarta Naik, Heru Budi Ingatkan Fogging dan Jaga Kebersihan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto, mengatakan bahwa selain ribuan personel, pihaknya juga menyiagakan ratusan truk sampah dan 85 unit kendaraan penyapu jalan otomatis atau road sweeper.

"Kami menyiapkan sekitar 70 petugas di setiap Kecamatan. Lebih dari 3.080 personel di seluruh Jakarta akan bertugas di berbagai tempat saat malam takbiran, hari H Idul Fitri, dan libur Lebaran," katanya dalam keterangan, Rabu 3 April 2024.

"Kami akan membantu masjid-masjid besar dalam menyediakan tempat sampah yang memadai dan mengangkut sampah secara berkala," sambungnya.

Ia juga memastikan bahwa pelayanan TPST Bantargebang akan tetap beroperasi saat libur lebaran serta menginstruksikan pengosongan Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPS) di seluruh wilayah Jakarta.

BACA JUGA:Kasus Monkeypox di DKI Bertambah, Masyarakat Diminta Jaga Kebersihan Diri

BACA JUGA:Polemik Warga Terpaksa Mukim di Kolong Tol Angke karena Keterbatasan Biaya Sewa Kontrakan: Yang Penting Ada Uang Kebersihan

“Saat tukang gerobak yang mudik kembali, maka sampah yang tersisa di rumah warga akan dikeluarkan saat petugas gerobak tersebut kembali bertugas. Saat itu, tumpukan sampah di tempat sampah di setiap rumah warga akan dikeluarkan dan harus segera diangkut ke TPS,” imbuhnya.

Menurutnya, strategi mengosongkan TPS tersebut dilakukan agar TPS dapat menampung sampah dengan kapasitas maksimal setelah libur Lebaran. 

Hal ini juga bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar TPS dan mencegah berkembangnya lalat serta vektor penyakit lainnya.

Anjuran Mudik Minim Sampah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: