Menhub Imbau Pemudik Patuhi Aturan Rekayasa Lalu Lintas di Jawa Tengah

Menhub Imbau Pemudik Patuhi Aturan Rekayasa Lalu Lintas di Jawa Tengah

Menhub Imbau Pemudik Patuhi Aturan Rekayasa Lalu Lintas di Gerbang Tol Kalikangkung, Jawa Tengah-Dok. Kemenhub-

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, meninjau kesiapan mudik area Jawa Tengah di Gerbang Tol Kalikangkung pada Rabu, 3 April 2024. 

Budi Karya mengimbau agar masyarakat dapat mencari informasi terkini serta mematuhi aturan terkait pengaturan rekayasa lalu lintas di Jawa Tengah. 

BACA JUGA:Menhub Buka Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2024

BACA JUGA:Menhub Pastikan Kesiapan Sarana dan Prasarana Transportasi Jelang Angkutan Lebaran 2024

"Saya minta kepada masyarakat agar memantau informasi dari Kapolri melalui Kakorlantas terkait rekayasa lalu lintas di jalan tol dan jalan-jalan utama yang satu arah. Contoh, saat one way dari Jakarta, pengendara dari Jawa Tengah harus melalui jalan arteri, sehingga mereka siap untuk melakukan itu," jelasnya. 

Ia juga mengingatkan agar pemudik memilih bus yang sudah di-rampcheck serta supir yang sudah diberikan ijin, terutama jika menggunakan bus pariwisata. 

Seluruh pihak yang melanggar akan ditindak tegas dengan tidak diijinkan melanjutkan perjalanan. 

BACA JUGA:Kemenhub Kecewa Ada Oknum yang Nekat Tiket Mudik Gratis Diperjualbelikan: 'Banyak yang Lebih Membutuhkan'

BACA JUGA:Kemenhub Larang Modus Jual Beli Tiket Mudik Gratis yang Diperoleh dari Aplikasi MitraDarat

"Berkaitan dengan tempat wisata, Polda sudah melakukan persiapan, tetapi pemudik tetap harus memilih bus-bus yang sudah di-rampcheck dan supir yang sudah diberikan ijin," katanya. 

Pasalnya apabila tetap menggunakan bus yang belum di-rampcheck tersebut, maka Polda akan memerintahkan putar balik dan tidak boleh melanjutkan perjalanan. 

Dalam kesempatan ini, Kemenko PMK Muhadjir Effendy mengungkapkan bahwa Jawa Tengah merupakan daerah yang menjadi tumpuan mudik di Pulau Jawa. 

Sehingga penanganan arus mudik dan balik di kawasan ini penting sekali demi menjaga kelancaran arus mudik secara keseluruhan via darat di Pulau Jawa. 

BACA JUGA:Guna Amankan Transportasi Udara Selama Mudik Lebaran 2024, Menhub Hanya Ijinkan Festival Balon Udara di Lokasi Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: