Menhub Pastikan Kesiapan Sarana dan Prasarana Transportasi Jelang Angkutan Lebaran 2024

Menhub Pastikan Kesiapan Sarana dan Prasarana Transportasi Jelang Angkutan Lebaran 2024

Menhub Pastikan Kesiapan Sarana dan Prasarana Transportasi Jelang Angkutan Lebaran 2024 -Kemenhub-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan kesiapan sarana dan prasarana transportasi untuk mendukung arus mudik dan balik Lebaran 2024. 

Hal ini disampaikannya pada Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI dengan tema Kesiapan Infrastruktur dan Transportasi Mudik Lebaran Tahun 2024 di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta pada Selasa, 2 April 2024. 

BACA JUGA:Cek Kelaikan Jalan Bus Angkutan Lebaran 2024 Cukup Melalui Aplikasi Ini

BACA JUGA:PT KAI Siapkan Tiket KA Sebanyak 4 Juta Lebih Arus Mudik dan Balik Angkutan Lebaran 2024

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berupaya memastikan kesiapan sarana dan prasarana transportasi untuk mendukung arus mudik dan balik serta melakukan pemeriksaan kelaikan operasional atau inspeksi keselamatan kendaraan (ramp check),” kata Budi Karya. 

Ia mengatakan persiapan angkutan lebaran 2024 telah dilakukan secara matang melalui koordinasi lintas sektor. 

Dengan kesiapan infrastruktur serta kerjasama antar Kementerian atau Lembaga, seluruh operator transportasi, serta berbagai pihak terkait, diharapkan dapat tercapai angkutan lebaran yang selamat, aman, dan nyaman. 

BACA JUGA:1.414 Bus Angkutan Lebaran 2023 Tidak Laik Jalan Setelah Jalani Rampcheck

BACA JUGA:Pemerintah Resmi Menutup Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2022

"Kita mengusung slogan 'Mudik Ceria Penuh Makna' dan ini menjadi do'a kita semua agar perjalanan berjalan dengan baik, masyarakat mudik dengan selamat, aman, ceria dan  bermakna," tuturnya. 

Langkah awalmua persiapan mudik, Kemenhub melalui Badan Kebijakan Transportasi bersama Badan Pusat Statistik, Kementerian Kominfo, Telkomsel, pakar transportasi, dan akademisi telah mengadakan survey pergerakan penumpang, dengan hasil 193,6 juta penduduk Indonesia berpotensi melakukan perjalanan mudik. 

"Melihat tren pelaku perjalanan mudik yang meningkat, kami menghimbau masyarakat untuk mudik lebih awal. Hari ini adalah H-10, kami anjurkan masyarakat mulai mudik pada H-10 hingga H-5 lebaran karena pada hari tersebut relatif belum ramai. Demikian juga ketika kembali kami anjurkan lebih akhir," lanjut Menhub. 

BACA JUGA:Bandara Soedirman Layani Angkutan Lebaran 2022, Lion Group Buka Rute Purbalingga-Jakarta-Surabaya

BACA JUGA:30 Ribu Pergerakan Pesawat Bakal Mengudara di Langit Indonesia Selama Musim Angkutan Lebaran 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: