30 Ribu Pergerakan Pesawat Bakal Mengudara di Langit Indonesia Selama Musim Angkutan Lebaran 2022

30 Ribu Pergerakan Pesawat Bakal Mengudara di Langit Indonesia Selama Musim Angkutan Lebaran 2022

Suasana Angkutan Lebaran 2022 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.-Rikhi Ferdian-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Selama musim angkutan Lebaran 2022 ini, akan terjadi peningkatan pergerakan pesawat terbang secara signifikan.

Peningkatan tersebut diperkirakan mencapai 200 persen dibandingkan dengan musim mudik lebaran tahun 2021 lalu.

Perkiraannya, sebanyak 30 ribu pergerakan pesawat akan mengudara di langit Indonesia selama musim Angkutan Lebaran tahun ini.

BACA JUGA:Yayasan Karya Amal Mulia Indonesia Sudirman Indah Tigaraksa Santunan Yatim Piatu

AirNav Indonesia selaku penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan Indonesia, menyiapkan operasional untuk melayani pergerakan penerbangan tersebut.

Di mana, meliputi persiapan personel dan fasilitas.

“Alhamdulillaah, tahun ini kita kembali dapat merasakan kegembiraan dan euforia mudik Lebaran setelah sempat tertahan oleh dampak pandemi (Covid-19). AirNav sebagai satu-satunya penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan di Indonesia siap untuk kembali melayani pergerakan pemudik yang menggunakan transportasi udara untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing,” ujar Direktur Utama AirNav Indonesia, Polana Banguningsih Pramesti, Selasa 26 April 2022.

BACA JUGA:Universitas Indonesia Buka Penerimaan Mahasiswa Jalur Prestasi 2022, Simak Ketentuan dan Jadwalnya

Keselamatan penerbangan lanjut Polana, merupakan satu kesatuan utuh yang tidak terpisahkan antara keselamatan pesawat udara, penumpang, dan operasional penerbangan itu sendiri.

AirNav Indonesia juga bersinergi dengan seluruh stakeholder penerbangan untuk mewujudkan perjalanan udara yang selamat selama periode angkutan udara Lebaran yang dimulai tanggal 25 April 2022 hingga tanggal 10 Mei 2022 mendatang.

Diprediksi, sebanyak total 30 ribu (29,182) pergerakan pesawat udara akan menghiasi langit Indonesia pada periode angkutan Lebaran tahun 2022 ini, dengan puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada tanggal 30 April 2022, dan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada tanggal 8 Mei 2022.

BACA JUGA:Dar Der Dor, Polisi Kepung Komplotan Perampok di Pintu Tol Bandung, Videonya Viral

Selain melayani penerbangan reguler (berjadwal), AirNav juga akan melayani total 928 (sembilan ratus dua puluh delapan) penerbangan tambahan (extra flight) yang telah mengajukan permohonan slot time penerbangan melalui Indonesia Airport Slot Management (IASM).

Jumlah tersebut didominasi oleh pergerakan dari dan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), yaitu sebanyak 423 extra flight yang akan dilayani oleh personel navigasi penerbangan AirNav Indonesia Cabang Jakarta Air Traffic Service Center (JATSC).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: