Kemenhub Kecewa Ada Oknum yang Nekat Tiket Mudik Gratis Diperjualbelikan: 'Banyak yang Lebih Membutuhkan'

Kemenhub Kecewa Ada Oknum yang Nekat Tiket Mudik Gratis Diperjualbelikan: 'Banyak yang Lebih Membutuhkan'

Ilustrasi. Kemenhub akan melakukan validasi ulang untuk mengantisipasi kuota tiket mudik gratis diperjualbelikan calo -Kemenhub-

JAKARTA, DISWAY.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merasa kecewa adanya oknum yang justru malah memperjualbelikan tiket Mudik Gratis 2024.

Pihak Kemenhub melihat adanya kabar negatif adanya tiket mudik gratis naik bus yang justru diperjualbelikan di media sosial.

Tindakan seperti itu sangat disayangkan Kemenhub karena justru akan mengambil hak bagi masyarakat yang sangat membutuhkan tiket mudik gratis untuk pulang kampung.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno, melalui keterangan resminya pada Senin 1 Maret 2024.

BACA JUGA:Kemenhub Larang Modus Jual Beli Tiket Mudik Gratis yang Diperoleh dari Aplikasi MitraDarat

"Kementerian Perhubungan sangat menyayangkan kejadian ini. Mudik gratis bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat agar bisa mudik lebih aman, selamat, nyaman dan tentunya tanpa biaya," ucap Hendro.

"Kami meminta agar masyarakat tidak memperjualbelikan tiket mudik gratis," sambungnya.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Hendro Sugiatno, menegaskan kepada masyarakat tentang pentingnya untuk tidak membeli tiket mudik gratis melalui calo.

Hal ini disampaikan karena peserta yang menggunakan tiket tersebut akan harus melakukan validasi ulang di hari keberangkatan.

BACA JUGA:Survei Kemenhub Memperkirakan Jumlah Pemudik 193,6 juta, Terminal Lebak Bulus Bersiap Menyambut

Proses validasi ini penting dilakukan untuk memastikan bahwa nama dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada tiket sesuai dengan identitas peserta.

"Pada hari keberangkatan, akan dilakukan pengecekan ulang terhadap nama dan NIK yang tertera pada tiket mudik gratis melalui pemeriksaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) para peserta. Jika terdapat perbedaan identitas, peserta tidak akan diizinkan untuk berangkat menggunakan fasilitas mudik gratis," jelas Hendro.

Selain itu, Hendro juga mengingatkan kepada masyarakat yang telah mendaftar dan mendapatkan tiket mudik gratis untuk segera melakukan validasi di posko-posko yang telah disediakan. Hal ini bertujuan agar peserta dapat memperoleh tiket fisik sebelum melaksanakan perjalanan mudik.

Bukan hanya itu saja, tapi masyarakat juga diminta untuk melakukan konfirmasi keberangkatan jika terdaftar dalam lebih dari satu program Mudik Gratis 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: