Siaga RAFI 2024, Badan Geologi Bentuk Tim Tanggap Darurat Bencana 24 Jam

Siaga RAFI 2024, Badan Geologi Bentuk Tim Tanggap Darurat Bencana 24 Jam

Pembukaan Posko Nasional Sektor ESDM Ramadhan dan Idul Fitri 2024.-Sabrina Hutajulu/Carep-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) kembali ditunjuk menjadi Koordinator Posko Nasional Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Posko tersebut dibentuk dalam rangka antisipasi dini terhadap kebencanaan geologi, selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H (RAFI).

Pelaksanaan Posko ini terhitung mulai 3 April 2024 hingga 19 April 2024, bertempat di Kantor Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), Jakarta.

BACA JUGA:Begini Kementerian ESDM dan PLN Jaga Pasokan Listrik, Siapkan Prosedur Operasi Periode Siaga RAFI 2024

Diungkapkan Ketua Posko Nasional Sektor ESDM Tahun 2024, Erika Retnowati, Tim Tanggap Darurat Bencana Geologi dikerahkan dalam merespon dengan cepat setiap bencana yang terjadi.

Tim Darurat Bencana Geologi siaga dalam waktu 24 jam dan meningkatkan pemantauan gunung api secara cermat di beberapa gunung api aktif.

“Kita tentu berharap agar pasokan energi terjaga dan selalu melakukan upaya antisipasi, terutama di wilayah yang mayoritas merayakan Hari Raya Idul Fitri 2024, daerah wisata yang menjadi destinasi masyarakat, jalur lintas utama maupun logistik serta wilayah rawan kemacetan maupun rawan bencana,” tambahnya.

Erika yang merupakan Kepala BPH Migas ini meminta semua pihak bersinergi agar pelaksanaan Posko berjalan lancar.

Sinergitas ini bukan hanya internal anggota Posko, tetapi juga dengan stakeholder seperti Korlantas Polri terkait adanya rute-rute yang dilakukan pembatasan ataupun titik-titik kemacetan.

BACA JUGA:Gempa Taiwan Guncang Apartemen YouTuber: Terbesar dan Paling Dahsyat!

Kementerian Perhubungan terkait peningkatan aktivitas pergerakan orang dengan transportasi umum maupun kendaraan pribadi.

Sementara Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi Kementerian ESDM Hendra Gunawan mengungkapkan, Badan Geologi melakukan pemantauan terhadap gunung api aktif di seluruh Indonesia dan mengembangkan portal mitigasi bencana geologi.

“Di portal tersebut terpadu semua, mulai dari peta-peta terutama Kawasan rawan bencana, gerakan tanah, gempa bumi dan gunung api,” tandasnya.

Sebagai informasi, Kepala BPH Migas kembali ditunjuk sebagai Ketua Posko Nasional Sektor ESDM Hari Raya Idul Fitri 2024 berdasarkan Keputusan Menteri (Kepmen) Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 229.K/HK.02/SJN.R/2024 tentang Tim Posko Nasional Sektor ESDM Dalam Rangka Koordinasi Pengawasan, Penyediaan, dan Pendistribusian BBM, Gas, Listrik Serta Antisipasi Kebencanaan Geologi Untuk Mengamankan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024. Kepmen ini diteken tanggal 28 Maret 2024. (Sabrina Hutajulu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: