Catat Semua Syarat Daftar Sekolah Kedinasan IPDN 2024, Kapan Sih Bukaannya?

Catat Semua Syarat Daftar Sekolah Kedinasan IPDN 2024, Kapan Sih Bukaannya?

Syarat Pendaftaran IPDN 2024---IPDN

JAKARTA, DISWAY.ID - Cek seluruh syarat untuk melakukan pendaftaran masuk Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) 2024.

IPDN merupakan institusi pendidikan kedinasan yang menjadi bagian dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

IPDN telah lama dikenal sebagai lembaga yang menghasilkan lulusan yang siap untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kemendagri.

Bagi para lulusan SMA/MA atau Paket C yang bercita-cita untuk menjadi seorang CPNS, IPDN menjadi pilihan yang sangat menarik.

BACA JUGA:3 Sekolah Kedinasan untuk Jurusan IPS, PKN STAN hingga IPDN

Namun, perlu diingat bahwa bagi lulusan SMK, mereka belum memenuhi syarat untuk mendaftar ke IPDN pada tahun 2024.

Pendaftaran untuk masuk ke IPDN tahun 2024 kemungkinan akan dibuka pada bulan Maret mendatang, sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Para calon pendaftar perlu mempersiapkan diri dengan baik sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.

Salah satu syarat yang wajib dipenuhi oleh calon pendaftar adalah memiliki kriteria umum yang meliputi kewarganegaraan Indonesia, usia minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun pada tahun pendaftaran berlangsung, serta tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita.

BACA JUGA:Jalan Raya Pantura Bekasi-Indramayu Masih Ramai Pemudik Sepeda Motor

Selain itu, calon pendaftar juga harus memiliki ijazah SMA/MA atau Paket C dengan nilai rata-rata minimal 70,00 untuk lulusan tahun 2020-2023.

Bagi calon pendaftar yang berasal dari Provinsi Papua, persyaratan nilai rata-rata ijazah minimal adalah 65,00.

Dokumen lain yang perlu disiapkan antara lain adalah surat keterangan domisili, surat keterangan kelas XII yang ditandatangani oleh kepala sekolah, serta surat keterangan orang asli Papua (OAP) bagi peserta yang memenuhi syarat.

Tak hanya itu, calon pendaftar juga harus memiliki pakta integritas, alamat email yang aktif, serta pasfoto berwarna dengan ukuran 4x6 cm yang menghadap ke depan tanpa mengenakan kacamata dan menggunakan kemeja lengan panjang berwarna putih polos dengan latar belakang merah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: