Mudik Lebaran 2024, 51.216 Orang Nyebrang dari Pelabuhan Merak Menuju Bakauheni

Mudik Lebaran 2024, 51.216 Orang Nyebrang dari Pelabuhan Merak Menuju Bakauheni

Suasana penumpang kapal KM RAPUTRA 2888 saat menyeberang dari Merak ke Bakauheni-Foto/Bianca-

JAKARTA, DISWAY.ID - Sebanyak 51.216 pemudik memilih mudik dengan menggunakan kapal laut. 

Mereka menyebrang dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni. 

Terkait data kapal penyeberangan, Karopenmas Mabes Polri, Brigjen Pol Trunoyudo menjelaskan, Penumpang dan kendaraan pada operasi ketupat 2024, Hari Rabu 10 April 2024.

Trunoyudo menyebut, kapal yang beroperasi dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni sebanyak 37 kapal dengan 82 perjalanan.

"Jumlah penumpang 51.216 orang, dengan total kendaraan sebanyak 11.555 Unit," katanya dalam keteranganya, Jumat 12 April 2024.

BACA JUGA:Ini Data Terbaru Kendaraan Keluar Jakarta Via 5 Tol Selama Mudik Lebaran 2024

Trunoyudo menegaskan, atas perintah Kapolri langsung untuk melakukan evaluasi bersama stakeholder lainya guna percepatan arus mudik.

"Bapak Kapolri telah memerintahkan evaluasi pelaksanaan percepatan arus mudik bersama stakeholder serta pengaturan delaying system," ucapnya.

Selain itu, Trunoyudo menambahkan, adanya penyiapan buffer zone secara optimal serta menjaga ketertibannya. 

Masyarakat diimbau untuk bekerja sama dengan baik, mengantri dengan tertib, dan bersabar dalam menghadapi situasi di pelabuhan. 

"Diimbau kepada seluruh masyarakat untuk kerjasamanya tertib, antri, dan bersabar Asdp dan polri serta stakeholder terkait akan terus memberikan pelayanan pada para pemudik sehingga nyaman, aman, serta mudik ceria penuh makna pada tahun ini," himbaunya.

BACA JUGA:Mudik Lebaran 2024, 17.971 Kendaraan Keluar GT Tol Cikupa Utama

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut kembali melaksanakan program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut untuk tahun 2024. Program ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan perjalanan mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri serta mengurangi penggunaan kendaraan roda dua di jalan raya.

Dengan total kuota sebanyak 9.800 penumpang dan 4.800 sepeda motor, program ini dilaksanakan sebanyak empat kali perjalanan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: