Arus Balik Idul Fitri 1445 H, 520 Ribu Kendaraan Bakal Melintasi Tol Cipularang dan Padaleunyi

Arus Balik Idul Fitri 1445 H, 520 Ribu Kendaraan Bakal Melintasi Tol Cipularang dan Padaleunyi

Arus Balik Lebaran 2024-Diprediksi ratusan ribu orang padati tol Cipularang dan Padaleunyi-Jasa Marga

JAKARTA, DISWAY.ID - Arus balik bakal mencapai puncaknya pada akhir pekan ini seiring berakhirnya pula masa libur sekolah dan libur Lebaran selesai. 

Diperkirakan, sebanyak 520 ribu kendaraan bakal melintasi tol Cipularang dan Padaleunyi. 

Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division (JMT) selaku pengelola Ruas Tol Cipularang dan Ruas Tol Padaleunyi, memprediksi  jumlah kendaraan yang akan kembali ke Jabotabek pada H+1 s.d. H+4 atau 12 s.d. 15 April 2024 mencapai 520 ribu kendaraan.

BACA JUGA:Besok Puncak Arus Balik, 562.796 Orang Bakal Serbu Stasiun Pasar Senen

Jumlah itu naik 42,82 % terhadap lalu lintas normal sebanyak 364 ribu kendaraan dan naik 2,99% terhadap lalu lintas lebaran tahun 2023 sebanyak 505 ribu kendaraan.

Peningkatan lalu lintas kendaraan arus balik ini merupakan kumulatif arus lalu lintas dari tiga gerbang tol (GT) Cileunyi (arah Jabotabek) GT Pasteur (arah Jabotabek) dan GT Kalitama (arah Jabotabek).

Dalam periode arus balik Idul Fitri 1445 H diprediksi terjadi puncak peningkatan lalu lintas kendaraan terjadi pada H+4 atau 15 April 2024, diimbau kepada pemudik untuk menghindari balik pada tanggal tersebut dan menghindari waktu favorit yaitu melakukan perjalanan di pagi atau malam hari.

BACA JUGA:Arus Balik, PMJ Siapkan Strategi Antisipasi Kemacetan

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk memastikan kesiapan sebelum melakukan perjalanan, periksa kecukupan BBM dan saldo uang elektronik serta pastikan diri dan kendaraan dalam kondisi prima sebelum memulai perjalanan

Update informasi lalu lintas melalui kanal informasi resmi Jasa Marga seperti media sosial instagram @jasamargametropolitan, twitter @ptjasamarga, dan One Call Center 14080. Unduh juga aplikasi Travoy sebagai pendamping perjalanan selama mudik melintasi Ruas Tol Jasa Marga Group.

Hal senada diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

BACA JUGA:Catat! Aturan Ganjil Genap Arus Balik Lebaran Dimulai 12- 16 April 2024, Ini Lokasinya!

Terkait arus balik Lebaran 2024, Budi Karya mengungkap bahwa jika melihat dari pengalaman tahun lalu, titik paling krusial adalah di daerah Salatiga sampai ke Semarang. Lokasi itu merupakan lokasi pertemuan para pemudik dari arah Jawa Tengah, Yogyakarta, serta Jawa Timur. Karena itu, seluruh pihak harus mempersiapkan arus balik dengan baik, terutama di periode puncak.

“Oleh karenanya, untuk baliknya seperti Presiden waktu itu anjurkan, kembalinya lebih awal. Kalau bisa besok atau lusa, Sabtu. Karena Minggu dan Senin pasti ada kenaikan yang besar,” ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: