Detik-Detik Kereta Gantung Turki Meledak Sebabkan 1 Tewas dan 174 Orang Terjebak, Proses Penyelamatan 24 Jam

Detik-Detik Kereta Gantung Turki Meledak Sebabkan 1 Tewas dan 174 Orang Terjebak, Proses Penyelamatan 24 Jam

Kereta Gantung Turki-Kecelakaan dan picu 1 orang tewas-IHA TV

Korban luka adalah enam warga negara Turki dan satu warga negara Kyrgyzstan, termasuk dua anak-anak. Mereka diselamatkan oleh helikopter Penjaga Pantai.

Tim dari badan tanggap darurat Turki, AFAD, Penjaga Pantai, layanan pemadam kebakaran, dan tim penyelamat gunung dari berbagai wilayah di negara itu terlibat dalam operasi tersebut.

Gambar di media Turki menunjukkan kereta yang rusak itu bergoyang karena kabel yang copot di sisi gunung berbatu.

BACA JUGA:Turkish Universities Fair 2024, Hadirkan Opsi Pendidikan Tinggi Berkualitas di Turki Bagi Masyarakat Indonesia

“Sebanyak 543 petugas pertolongan pertama dan tujuh helikopter terlibat dalam operasi penyelamatan, termasuk tim dari AFAD, Penjaga Pantai, tim pemadam kebakaran, dan tim pendakian gunung terlibat dari berbagai wilayah di Turki,” kata para pejabat berwenang. 

Jumat adalah hari terakhir dari hari libur umum tiga hari di Turki yang menandai berakhirnya bulan suci Ramadhan, di mana banyak keluarga berduyun-duyun ke resor pantai.

Kereta gantung, yang dioperasikan oleh Kota Metropolitan Antalya, membawa wisatawan dari Pantai Konyaalti ke restoran dan platform pengamatan di puncak puncak Tunektepe setinggi 618 meter.

Itu diiklankan di Trip Advisor sebagai atraksi yang "wajib dilakukan", menawarkan "panorama menakjubkan Antalya dan Laut Mediterania." Perjalanan memakan waktu sembilan menit.

BACA JUGA:Turki Tahan 33 Orang yang Dituduh Jadi Mata-mata Intelijen Mossad Israel

Jalur kereta gantung ini selesai dibangun pada tahun 2017. Jalur ini menerima pemeriksaan besar-besaran sekitar awal tahun, serta pemeriksaan rutin sepanjang tahun.

Kantor Kepala Kejaksaan Antalya telah meluncurkan penyelidikan. Sebuah komisi ahli yang terdiri dari insinyur mesin dan listrik serta ahli kesehatan dan keselamatan ditugaskan untuk menentukan penyebab insiden tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: euronews