Kemenhub Lepas Peserta Arus Balik Gratis, Melalui 9 Terminal di Pulau Jawa dan Sumatera

Kemenhub Lepas Peserta Arus Balik Gratis, Melalui 9 Terminal di Pulau Jawa dan Sumatera

Kemenhub Lepas Peserta Arus Balik Gratis dengan Bus dari 9 Terminal di Pulau Jawa dan Sumatera -Dok.Kemenhub-

JAKARTA, DISWAY.ID - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat memberangkatkan peserta arus balik gratis, dengan moda bus dari 9 Terminal Tipe A dari Pulau Jawa dan Sumatera Selatan.

Peserta arus balik diberangkatkan di Terminal Tipe A di Provinsi D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Sumatera Selatan pada Senin, 15 April 2024.

Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Suharto mengungkapkan bahwa, arus balik gratis ini merupakan bagian dari keseluruhan rangkaian kegiatan mudik gratis angkutan jalan tahun 2024/1445 H yang diselenggarakan oleh Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

BACA JUGA:Libur Lebaran Jadi Sumber Cuan Bagi Para Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

BACA JUGA:Ditjen Perhubungan Darat Imbau Pemudik Utamakan Keselamatan

“ Pada arus balik diberangkatkan sebanyak 160 bus,” kata Suharto.

Suharto menjelaskan, keberangkatan balik gratis ini dilaksanakan secara serentak dari Terminal Bulupitu Purwokerto, Terminal Mangkang Semarang, Terminal Giwangan Yogyakarta dan Terminal Tirtonandi Solo.

Kemudian dari Terminal Giri Adipura, Wonogiri; Terminal Harjamukti, Cirebon; Terminal Purboyo, Madiun; Terminal Bungurasih, Surabaya; dan Terminal Alang-Alang Lebar, Palembang.

" Untuk yang pemberangkatan dari Terminal Giwangan Yogyakarta yaitu sebanyak 20 bus dengan kuota penumpang sebanyak 880 orang. Sedangkan sisanya yaitu 140 bus diberangkatkan dari 8 terminal lainnya," Katanya.

BACA JUGA:Coffee in Southeast Asia: Indonesia Memimpin Pasar Kopi Modern di Asia Tenggara

BACA JUGA:Mudik Asik Bersama BUMN 2024, Indibiz Berangkatkan Peserta Mudik ke Kota Tujuan

Ia menambahkan seluruh bus balik gratis diberangkatkan menuju lima terminal yakni Terminal Jatijajar Depok, Terminal Pulogebang Jakarta, Terminal Kampung Rambutan Jakarta, Terminal Poris Plawad Tangerang dan Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan.

Di sisi lain, sebanyak tujuh truk arus balik yang mengangkut 210 sepeda motor sudah diberangkatkan terlebih dahulu pada Minggu, 14 April 2024 kemarin, menuju Terminal Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

" Program ini akan kami evaluasi karena sangat membantu bagi pemudik dengan sepeda motor. Berdasarkan data korlantas polri, terlihat angka kecelakaan pada momen lebaran tahun ini menurun sekitar 12 persen dibandingkan dengan periode lebaran tahun sebelumnya. Itu artinya program seperti ini berperan dalam mengurangi tingkat fatalitas kecelakaan," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: