Ditjen Perhubungan Darat Imbau Pemudik Utamakan Keselamatan

Ditjen Perhubungan Darat Imbau Pemudik Utamakan Keselamatan

Ditjen Perhubungan Darat Imbau Pemudik Utamakan Keselamatan-Dok.Ditjethubdat-

JAKARTA, DISWAY.ID - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan mengimbau, agar seluruh pemudik tetap mengutamakan keselamatan, dan beristirahat apabila merasa kelelahan saat melakukan perjalanan ke kampung halaman. 

Sehubungan telah terjadi kecelakaan antara bus dengan 2 minibus di KM 58 + 600 arah Jakarta ruas Tol Jakarta - Cikampek, Karawang, Jawa Barat pada hari Senin, 8 April 2024 pukul 07.04 WIB. 

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno menyampaikan turut berbela sungkawa, dan prihatin atas peristiwa kecelakaan yang melibatkan Bus Primajasa bernomor polisi B 7655 TGD, dengan satu unit Daihatsu Grandmax bernomor polisi B 1635 BKT, serta kendaraan Daihatsu Terios bernomor polisi E 1399 MF di Tol Japek. 

BACA JUGA:Yuk! Kenalan dengan Petugas CMS di Stasiun, Siap Bantu Pemudik, Wajib 7S

BACA JUGA:DVI Polri Identifikasi 12 Jenazah Kecelakaan Cikampek

" Kami turut prihatin atas kejadian kecelakaan ini hingga menimbulkan korban jiwa. Saat ini Ditjen Hubdat telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk terus melakukan investigasi mendalam terkait kecelakaan tersebut," ungkapnya kepada wartawan pada Senin, 8 April 2024. 

" Namun diduga ada faktor kelelahan pengemudi Daihatsu Grandmax sehingga mobil keluar ke jalur yang mengarah ke Jakarta," sambungnya. 

Ia berharap kepada para pemudik agar bisa beristirahat apabila merasa mengantuk atau kelelahan. 

Istirahat bisa dilakukan dengan berhenti di Rest Area dengan waktu maksimal 30 menit atau dengan keluar tol terlebih dahulu untuk mencari tempat istirahat yang lebih nyaman. 

BACA JUGA:Kecelakaan 3 Mobil di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek, Lajur Contraflow KM 48 Sampai KM 70 Ditutup

BACA JUGA:3 Kendaraan Kecelakaan di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek, Gran Max dan Terios Terbakar

" Mengingat padatnya kondisi lalu lintas sehingga menimbulkan rasa lelah bagi para pemudik maka diharapkan untuk utamakan waktu beristirahat. Setiap mengemudi selama 4 jam berturut-turut dianjurkan untuk istirahat selama 30 menit," ujarnya. 

Selanjutnya, pihaknya juga mengimbau agar masyarakat merencanakan waktu perjalanan sebaik mungkin. 

" Para pemudik bisa memilih berangkat di waktu-waktu yang tidak rentan untuk mengantuk dan upayakan tidur cukup sebelum mengemudi," imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: