Daftar Kementerian dan Lembaga yang Akan Pindah ke IKN pada Tahap Pertama

Daftar Kementerian dan Lembaga yang Akan Pindah ke IKN pada Tahap Pertama

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah menyiapkan skema pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibukota Nusantara (IKN).-Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah menyiapkan skema pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibukota Nusantara (IKN).-

JAKARTA, DISWAY.ID - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah menyiapkan skema pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibukota Nusantara (IKN).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas mengatakan skema pemindahan tersebut dibagi menjadi 3 kategori yakni prioritas tahap 1,2 dan 3.

"Pemindahan K/L dilakukan beberapa penapisan/filter utk menjamin kinerja pemerintah dapat tetap berjalan dengan baik," kata Azwar di Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat pada Rabu 17 April 2024.

BACA JUGA:Ukraina Iri dengan Bantuan Amerika ke Israel, Zelensky: Kami Juga Ingin Pertahanan Seperti Itu Hadapi Rusia

BACA JUGA:Pangkalan Udara Nevatim Markas Pesawat yang Digunakan Membunuh Warga Gaza Jadi Bulan-bulanan Drone Iran

Azwar mengatakan filter pertama yaitu mendefinisikan peran strategis K/L untuk mengidentifikasi seberapa penting peran K/L.

"Filter kedua, identifikasi peran dan fungsi sebagai sistem dukungan pengambilan keputusan (decision support system) dan sebagai strategic enabler dan/atau sistem pertahanan dan keamanan," imbuhnya.

Sementara itu, filter ketiga adalah bentuk resiko yang ditimbulkan dalam hal kegagalan pelaksanaan tugas dan fungsi K/L.

BACA JUGA:Rusia Akan Kirim Jet Tempur SU-35 Gen 4.5 ke Iran Untuk Hadapi Israel

BACA JUGA:Pesawat Tempur Israel Siap Terbang Untuk Serangan Balasan, Iran: Rudal Kami Masih Banyak yang Belum Digunakan!

"Hasilnya, ini adalah hasil penafisan 1 yaitu tingkat k/l prioritas 1 ada 179 unit eselon 1 di 38 k/l.

Azwar mengatakan pemindahan itu melihat penapisan kelembagaan dan ketersediaan hunian. 

Pada tahap pertama, setidaknya ada 11.916 ASN pada 38 kementerian atau lembaga akan dipindahkan pada tahap pertama. Ada 179 pejabat eselon 1 atau JPT madya yang disertakan.

"Secara ideal jumlah pegawai ASN yang diperlukan untuk berada di IKN pada prioritas pertama ada 11.916 pegawai," lanjut dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: