Jokowi: Hari Kartini Bukan Sekadar Seremoni, Tapi Lambang Perjuangan Perempuan

Jokowi: Hari Kartini Bukan Sekadar Seremoni, Tapi Lambang Perjuangan Perempuan

Presiden Jokowi mengucapkan selamat hari Kartini yang jatuh pada hari ini, Minggu, 21 April 2024 melalui akun Instagram pribadinya.-tangkapan layar instagram@jokowidodo-

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Jokowi mengucapkan selamat hari Kartini yang jatuh pada hari ini, Minggu, 21 April 2024 melalui akun Instagram pribadinya.

Ucapan itu disampaikan Jokowi dengan membuat tayangan video berisi gambar animasi Kartini dengan berbagai versi, disertai tulisan habis gelap terbitlah terang dan selamat Hari Kartini.

Video tersebut juga diiringi lagu berjudul Ibu Kita Kartini karangan dari WR Supratman.

BACA JUGA:Houthi Tuding Arab Saudi Hapus Ayat-ayat Al Quran dari Buku Pelajaran: Untuk Menormalisasi Hubungannya dengan Israel

BACA JUGA:24 Sukhoi SU 35 Rusia Segera Mendarat di Iran Untuk Hadapi Israel, Akan Menyusul Helikopter Mil Mi-28

Dalam postingannya, Jokowi mengatakan Hari Kartini merupakan peringatan akan perjuangan perempuan dalam menemukan kesetaraan.

"Hari Kartini adalah peringatan akan perjalanan panjang perempuan dalam menemukan kesetaraan," tulis Jokowi, Minggu.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April bukan sekedar seremoni melainkan jadi lambang perjuangan perempuan untuk kepemimpinan.

"Hari Kartini adalah peringatan akan perjalanan panjang perempuan dalam menemukan kesetaraan. Marilah kita jadikan Hari Kartini tidak sekadar seremoni, tetapi lambang perjuangan perempuan untuk kepemimpinan dan kekuatan yang mereka miliki," kata Jokowi.

BACA JUGA:Viral Pria Disabilitas Diusir Oknum Sopir Saat Hendak Naik Taksi Online di Terminal Kampung Rambutan

BACA JUGA:Penampakan 2 Mobil Milik Tersangka Korupsi Timah Harvey Moeis yang Kembali Disita Kejagung

Sejarah Hari Kartini

Hari Kartini dibuat sebagai hari nasional Indonesia untuk memperingati perjuangan Raden Ajeng (RA) Kartini, seorang tokoh yang berani memperjuangkan hak-hak perempuan pada masanya. 

Indonesia mulai memperingati Hari Kartini sejak masa pemerintahan presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno lewat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 1964 tanggal 2 Mei 1964.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: