Jangan Takut! Pelecehan pada Perempuan di Ruang Digital Bisa Dilawan

Jangan Takut! Pelecehan pada Perempuan di Ruang Digital Bisa Dilawan

Jangan Takut! Pelecehan pada Perempuan di Ruang Digital Bisa Dilawan-Freepik.com-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Dalam rangka program Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyelenggarakan webinar mengenai  penguatan keterampilan digital masyarakat Indonesia bernama #MakinCakapDigital 2024, Senin, 22 April 2024, di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. 

Tema yang diangkat adalah "Menolak Diam: Perempuan Berani Melawan Pelecehan Seksual di Dunia Maya".

BACA JUGA:Kasus Pelecehan Pelayan Toko Kue di Depok Berujung Damai, Ini Alasannya!

BACA JUGA:Buat Kasus Pelecehan Seksual Saipul Jamil Jadi Candaan, Ivan Gunawan: Saya Mengaku Salah

Sebagai narasumber dalam webinar ini adalah influencer sekaligus CEO PT Pesona Pariwisata Papua Ika Palimbunga; Anggota Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japelidi) Ade Irma Sukmawati; serta Dosen UPN Veteran Jakarta dan Relawan REDAXI Puri Bestari Mardani. Webinar ini terselenggara berkat kerja sama dengan komunitas Rumah Ekis.

Berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Tahun 2023, pengguna internet di Indonesia mencapai 215,62 juta atau setara 78,19 persen dari total populasi Indonesia. 

Di saat yang bersamaan, pertumbuhan pengguna yang masif ini membuka ruang yang lebih luas terhadap potensi meningkatnya penyalahgunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), maupun internet.

BACA JUGA:Skandal Pelecehan Seksual Guncang PSI Jakarta Barat, Terduga Pelaku Mengundurkan Diri

BACA JUGA:Ibu Korban Apresiasi Polisi Telah Tangkap Pelaku Pelecehan Seksual Anak Kandung di Jaktim

Pengukuran status literasi digital Indonesia 2023 terhadap 38 provinsi melaporkan bahwa kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan TIK semakin membaik dalam setahun terakhir. Indeks literasi digital Indonesia di awal 2023 ada di level 3,54 dari skala 1-5. 

Artinya, secara umum literasi digital masyarakat Indonesia ada di level "sedang". Indeks tersebut sedikit meningkat dibanding 2020 lalu yang ada di level 3,46.

Terkait bagaimana mengenali pelecehan seksual kepada perempuan di dunia maya, Ika Palimbunga menjelaskan, ada beberapa cara yang menandainya. 


Kominfo menyelenggarakan webinar mengenai penguatan keterampilan digital masyarakat Indonesia bernama #MakinCakapDigital 2024, Senin, 22 April 2024, di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. -Kominfo-

Di antaranya adalah seseorang yang mengirimkan pesan tak diinginkan dengan konten bermuatan seksual. Ada pula mereka yang meminta secara paksa gambar atau video pribadi yang sifatnya intim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: