Hari Buku Sedunia 2024 Tema dan Sejarah, Ini Genre Paling Banyak Dibaca Tahun Ini

Hari Buku Sedunia 2024 Tema dan Sejarah, Ini Genre Paling Banyak Dibaca Tahun Ini

Hari Buku Sedunia 2024-Tema dan sejarah pentingnya membaca buku-News 18/Shutterstock

JAKARTA, DISWAY.ID – Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia 2024 menarik untuk disimak untuk meningkatkan pengetahuan seputar literasi dan budaya membaca.

Tanggal 23 April dikenal sebagai Hari Buku Sedunia dan Hari Buku Internasional, untuk mempromosikan kegembiraan membaca buku.

Perayaan global ini didedikasikan untuk mengakui dampak besar buku terhadap individu dan masyarakat seperti dikutip dari News 18.

Perayaan diadakan di seluruh dunia untuk menyoroti cakupan buku dan kemampuannya dalam menginspirasi, mendidik, dan menyatukan orang-orang dari berbagai latar belakang.

BACA JUGA:Saat Surya Paloh dan Cak Imin Sepakat Tutup Buku Lama, Buka Buku Baru

Tema Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia 2024

Read Your Way, atau baca sesuai apa yang kamu suka.

Hal ini menekankan pada pentingnya menumbuhkan minat membaca.

 Hal ini mendorong individu dari segala usia untuk menemukan cara berinteraksi dengan buku-buku yang sesuai dengan mereka.

BACA JUGA:Pelindo Bukukan Laba Bersih 4 Triliun di Tahun 2023

Sejarah Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia

Momen ini ditetapkan oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO), diperingati setiap tahun pada tanggal 23 April sejak tahun 1995.

Tanggal tersebut memiliki sejarah penting karena menandai peringatan kematian beberapa penulis terkemuka, William Shakespeare, Miguel de Cervantes dan Inca Garcilaso de la Vega.

 Pada Konferensi Umum UNESCO yang diadakan di Paris pada tahun 1995, tanggal 23 April menjadi saat yang tepat untuk menghormati kontribusi buku dan penulis secara global.

BACA JUGA:Pentingnya Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila sebagai Sarana Dalam Sosialisasi PIP di Masyarakat

Kutipan Penting tentang Membaca

1. “Buku-buku yang dianggap tidak bermoral oleh dunia adalah buku-buku yang menunjukkan rasa malunya pada dunia.” – Oscar Wilde

2. “Jika kamu hanya membaca buku yang dibaca orang lain, kamu hanya bisa memikirkan apa yang dipikirkan orang lain.” – Haruki Murakami

3. “Buku adalah taman, kebun buah-buahan, gudang, pesta, perusahaan, konselor, banyak penasihat.” – Charles Baudelaire

4.  “Ketika saya melihat ke belakang, saya sangat terkesan lagi dengan kekuatan sastra yang memberi kehidupan. Jika saya masih muda saat ini, mencoba untuk memahami diri saya sendiri di dunia, saya akan melakukannya lagi dengan membaca, sama seperti yang saya lakukan ketika saya masih muda." – Maya Angelou

5. “Membaca hendaknya tidak dianggap sebagai tugas, kewajiban bagi anak-anak. Itu harus ditawarkan sebagai hadiah." – Kate DiCamillo

6. . “Jika Anda tidak suka membaca, Anda belum menemukan buku yang tepat.” – JK Rowling

7. “Mari kita bersikap masuk akal dan menambahkan hari kedelapan dalam minggu yang dikhususkan untuk membaca.” – Lena Dunham. 

BACA JUGA:Mantap! IIMS 2024 Bukukan Transaksi Rp 3,1 Triliun Jelang Penutupan

Genre buku yang sedang tren

Genre buku tertentu mendapat lebih banyak perhatian dibandingkan yang lain menjelang tahun 2024.

Dikutip dari Blurb, berdasarkan buku terpopuler yang diterbitkan pada tahun 2023 dan genre populer dalam beberapa tahun terakhir, beberapa genre penting sedang tren.

Dari jumlah tersebut, genre buku dewasa muda, roman, fantasi, misteri dan thriller, fiksi sejarah, fiksi ilmiah, self-help, dan memoar diperkirakan akan menjadi genre buku populer pada tahun 2024.

Ada juga tren penerbitan oleh Eightify, Alyssa Matesic, dan survei yang dilakukan oleh OnePoll atas nama ThriftBooks. Secara kolektif, menurut survei, genre buku berbasis teks paling populer pada tahun 2023.

BACA JUGA:Guys! Ini Pilihan Buku Bacaan yang Cocok Buat Temani Perjalanan Mudik

Ragam Genre Buku

Fantasi

Percintaan

Anak muda

Sejarah

Fiksi Ilmiah

Komedi

Aksi petualangan

Misteri

Kengerian

Cerita menegangkan/Misteri

Menolong diri

Mitologi

LGBTQIA+

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait