Pelindo Bukukan Laba Bersih 4 Triliun di Tahun 2023

Pelindo Bukukan Laba Bersih 4 Triliun di Tahun 2023

Layanan terminal bongkar muat petikemas yang dioperasikan PT Pelindo-Dok. Pelindo-

JAKARTA, DISWAY.ID - PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo merilis capaian sepanjang tahun 2023. 

Sepanjang tahun 2023, Pelindo sukses membukukan laba bersih sebesar Rp 4,01 Triliun. 

BACA JUGA:Pelindo Siagakan Sejumlah Posko Terpadu Jelang Musim Mudik Lebaran 2024

BACA JUGA:Pelindo Beri Diskon 50 Persen untuk Tagihan Jasa Penumpukan Barang dan Petikemas saat Lebaran

Capaian gemilang ini naik sebesar 2,6 persen dibandingkan tahun lalu. Kinerja positif ini menunjukkan Pelindo tumbuh secara solid dari tahun ke tahun sehingga bisa menjawab tantangan perekonomian global dengan baik pasca merger yang masih di ambang ketidakpastian.

"Komitmen Pelindo dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, konektivitas antarpulau, dan keberlanjutan sektor maritim Indonesia telah terbukti memberikan kontribusi positif yang berkelanjutan bagi kemajuan bangsa. Kinerja solid ini mencerminkan komitmen kami untuk memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan bangsa," ujar Dirut Pelindo Arif Suhartono dikutip dari siaran pers, Jumat 5 April 2024. 

Kontribusi Pelindo pada negara juga meningkat signifikan mencapai Rp 7,3 triliun pada tahun 2023. Kontribusi tersebut terdiri dari setoran Dividen, PNBP, Konsesi, PPH, PPN, dan PBB. Keberhasilan Pelindo pada tahun 2023 juga didukung oleh program-program transformasi yang telah dilakukan sejak merger pada Oktober 2021.

Capaian positif ini diiringi pula dengan kinerja keuangan Pelindo sejalan dengan kinerja operasional yang positif. Arus peti kemas mencapai 17,7 juta TEUs, meningkat 3 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Begitu juga dengan arus barang yang terealisasi sebesar 170 juta ton, mengalami pertumbuhan sebesar 6 persen. 

BACA JUGA:Pelindo Pastikan Jalan Tol Cibitung – Cilincing (JTCC) Siap Dilintasi Saat Mudik Lebaran 2024, Diskon Disiapkan

BACA JUGA:Gelar Safari Ramadhan, Pelindo dan Kementerian BUMN Bagikan Paket Sembako Murah di Manokwari

Sementara arus kapal yang keluar masuk pelabuhan mencapai 1,28 miliar GT, naik 7 persen dari tahun sebelumnya. Di sisi lain, arus penumpang mencapai 18,1 juta orang, meningkat 20 persen dari tahun sebelumnya.

Capaian ini menunjukkan efektivitas pengelolaan operasional yang terstandarisasi disetiap pelabuhan. Dukungan teknologi terbaru seperti Terminal Operating System (TOS), Pelindo Terminal Operating System Multipurpose (PTOS-M), dan Phinnisi, telah memberikan dampak signifikan terhadap industri pelayaran dan logistik, serta efisiensi biaya dan waktu pelayanan yang lebih baik.

"Pelindo akan terus melanjutkan program transformasi di lingkungan perseroan. Kami juga akan berupaya untuk meningkatkan peran kami, tidak hanya sebagai maritime gateway, tetapi juga sebagai traffic stimulator yang mendorong pertumbuhan lalu lintas barang melalui integrasi kawasan industri dengan pelabuhan," ujar Arif.

Dengan pencapaian yang solid pada tahun 2023, Pelindo membuktikan dirinya sebagai pemain utama dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia dan menjaga konektivitas antarpulau, serta memberikan kontribusi yang signifikan bagi pembangunan bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: