Nicholas Saputra Kini Punya Peran Baru, Ditunjuk Jadi Duta Bakti BCA

Nicholas Saputra Kini Punya Peran Baru, Ditunjuk Jadi Duta Bakti BCA

Nicholas Saputra-Ditunjuk jadi Duta Bakti BCA-BCA

JAKARTA, DISWAY.ID – Selain sibuk akting dan fokus di panggung entertainment, Nicholas Saputra kini ditunjuk sebagai Duta Bakti BCA.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mempertegas komitmennya dalam memberikan  dampak sosial bagi masyarakat melalui berbagai program pengembangan berkelanjutan serta bisa  dirasakan dampaknya kini dan nanti, dengan meluncurkan kampanye #BuktiBaktiBCA.

Peluncuran kampanye #BuktiBaktiBCA ditandai dengan pemutaran perdana video Bukti Bakti, yang pembuatannya dilakukan di tiga pulau berbeda serta melibatkan tokoh-tokoh masyarakat mitra Bakti BCA, dan pengenalan Duta Bakti BCA, Nicholas Saputra.

BACA JUGA:5 Menit Cair! Ikuti Langkah-langkah Pengajuan Pinjol Legal di Aplikasi myBCA

Direktur BCA Antonius Widodo Mulyono mengatakan #BuktiBaktiBCA memperkuat  jejak bakti perusahaan untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

“Melalui Bakti BCA, kami berkomitmen terus memberikan dampak positif bagi segala aspek kehidupan masyarakat termasuk  pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan budaya,” katanya dalam keterangan resmi.

“Dampak positif yang berkelanjutan harus diciptakan mulai dari skala individu, masyarakat, dan ekosistem. Kolaborasi berbagai pihak adalah faktor penting  untuk mewujudkan impian pembangunan berkelanjutan Indonesia, dan hal ini kami upayakan  berlangsung di bawah ‘payung’ Bakti BCA,” tambahnya.

Penunjukkan Duta Bakti BCA yang dilakukan bersamaan dengan peluncuran kampanye #BuktiBaktiBCA merupakan bentuk strategi edukasi perusahaan, untuk meningkatkan kesadaran dan keterlibatan  banyak pihak dalam menciptakan dampak sosial positif.

Nicholas Saputra telah lama dikenal sebagai selebritas yang aktif menyuarakan kepeduliannya terhadap isu-isu sosial dan lingkungan.

BACA JUGA:Jadwal Operasional Bank BCA Lebaran 2024, 8 April Beroperasi Terbatas

Sebagai Duta  Bakti BCA, Nicholas Saputra akan terlibat dalam berbagai kegiatan sosial Bakti BCA pada berbagai aspek kehidupan, mulai dari pendidikan, kesehatan, pelestarian budaya, pemberdayaan individu dan kelompok, hingga lingkungan.

“Saya merasa terhormat atas kepercayaan BCA memilih saya sebagai Duta Bakti BCA. Peran baru sebagai  Duta Bakti BCA menjadi pemantik semangat bagi saya untuk berkontribusi demi terciptanya perubahan  yang dapat mendorong kesejahteraan dan kemajuan bersama,” kata pemeran Rangga di AADC itu.

“Saya melihat program-program Bakti BCA  dapat membuka peluang bagi masyarakat meningkatkan kualitas hidupnya dan mendapatkan  kesempatan yang sama untuk berkembang. Inilah yang menjadi daya tarik bagi saya untuk bergabung  menjadi Duta Bakti BCA,” ujar Nicholas Saputra.

BACA JUGA:BCA Hentikan Layanan m-BCA Menu SIM Card, Ini Gantinya

EVP Corporate Communications & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn menambahkan komitmen mereka sebagai mitra pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan tidak pernah pudar.

“Kami terus  berinovasi untuk menciptakan solusi yang efektif dan relevan guna menjawab tantangan sosial yang  dihadapi masyarakat. Dengan teknologi terkini, ide-ide kreatif, dan kolaborasi yang kuat, kami percaya  dapat memperluas jangkauan program Bakti BCA sehingga memberikan manfaat yang lebih besar bagi  banyak orang. BCA percaya individu yang berdaya dapat memberdayakan komunitasnya. Kemudian, komunitas yang berdaya dapat berkontribusi positif pada kelestarian ekosistem, sehingga tercipta  sebuah siklus lingkaran pengaruh,” ucapnya.

Kegiatan Bakti BCA mencakup berbagai bidang, seperti pendidikan (Bakti Pendidikan), kesehatan (Bakti  Kesehatan), budaya (Bakti Budaya), pemberdayaan masyarakat (Desa Bakti BCA), serta lingkungan (Bakti  Lingkungan).

Pada setiap bidang, BCA memiliki program-program khusus untuk mendukung upaya upaya meningkatkan kualitas hidup dan pembangunan berkelanjutan.

BACA JUGA:Mengenal Connecting Train by KAI, Mempermudah Perjalanan Saat Tiket Kereta Tidak Tersedia

Program Duta Bakti BCA

1. Bakti Pendidikan

BCA turut berkontribusi dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkualitas di bidang pendidikan demi  memperkuat daya saing sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui berbagai program, seperti pembinaan 20 Sekolah Bakti BCA, pelatihan guru di Indonesia Bagian Timur, dukungan terhadap ekonomi digital berupa SYNRGY Accelerator & Academy, Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP) dan Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI), program vokasi melalui BCA Cash  Management Academy dan pengembangan kompetensi penyandang disabilitas. Sejak 2009, BCA melalui Bakti Pendidikan telah rutin memberikan beasiswa dan pelatihan kepada mahasiswa berprestasi di Indonesia.

Hingga saat ini, Bakti BCA telah memberikan beasiswa bagi lebih dari 7.000 mahasiswa program S1.

BACA JUGA:Biaya Admin BCA Naik 19 Januari 2024, Ini Rinciannya

2. Bakti Kesehatan

BCA mendukung pemberdayaan kualitas manusia bagi mereka yang membutuhkan melalui berbagai program kesehatan.

Hal itu membutuhkan.roan menjadi salah satu funding partner dengan nilai dukungan mencapai US$1 juta dalam program percepatan penurunan angka penderita stunting dari BKKBN dan USAID bernama PASTI (Partnership to Accelerate Stunting Reduction in Indonesia).

Sejak 2014 hingga akhir 2023, sebanyak 149.460 pasien telah menerima keringanan biaya pengobatan umum dan KB di dua klinik  binaan BCA.

Ada 8.131 mata telah pulih setelah mengikuti bakti sosial operasi katarak dari BCA, dan  11.936 kantong darah sudah dikumpulkan BCA dari kegiatan donor darah bersama PMI pada 2016-2023.

BACA JUGA:Heboh BCA Soal Tarif Transfer Antar Bank Rp150.000 per Bulan, Dipastikan Hoax dan Nasabah Diminta Waspada

3. Bakti Budaya

BCA berkomitmen melestarikan beragam seni, budaya, dan tradisi nusantara melalui penyelenggaraan pertunjukan dan pengembangan berbagai potensi dalam program Wayang for Students, Nusantara Academic Writing Award (NAWA), Satu dalam Cita “Sudamala”, Pagelaran Jazz Gunung, dan dukungan  kegiatan kebudayaan lainnya. BCA juga berkolaborasi dengan penggiat seni & seniman lokal sejak 2012.

Pada tahun 2023, telah diselenggarakan pagelaran oleh siswa-siswi berbakat sekolah drama wayang “Hanoman: Ada Apa dengan Shinta” dan pameran komik strip karya komikus muda binaan komikus Marvel & DC Comics. BCA mendapatkan penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai  “Perusahaan dengan Kegiatan Pelestarian Wayang Terbanyak” atas konsistensi ini.

Dalam upaya melestarikan wastra nusantara dan lingkungan, sejak 2022 BCA bersama Perkumpulan  Warna Alam Indonesia (WARLAMI) melaksanakan pembinaan pewarnaan alam kepada kelompok penenun & pegiat wastra di Timor Tengah Selatan dan Baduy yang menghasilkan karya wastra ramah  lingkungan dan bernilai jual tinggi.

BACA JUGA:Biaya Admin BCA Naik 19 Januari 2024, Ini Rinciannya

4. Desa Bakti BCA

Sejak 2012, BCA telah memberikan berbagai layanan dan program khusus untuk mengembangkan potensi SDM di berbagai desa, termasuk bantuan keuangan, pelatihan, membuka akses layanan perbankan bagi masyarakat, dan penyediaan fasilitas untuk pengembangan ekonomi lokal.

Per akhir 2023, BCA memberikan pembinaan terhadap 26 desa wisata, meliputi 14 desa binaan dan 12 desa mitra kolaborasi Bakti BCA dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022-2023. Sejumlah Desa Bakti BCA telah menerima berbagai  penghargaan berskala nasional maupun internasional.

Terkini, Desa Wisata Taro dan Desa Wisata Hijau  Bilebante meraih penghargaan Best Tourism Village kategori Update Programme dari UNWTO (United Nations World Tourism Organization) pada 2023.

Total 403 tenaga kerja paruh dan penuh waktu di 14 desa binaan sudah terserap, dan lebih dari 1.500  pelaku usaha mengikuti pembinaan sertifikasi halal, ekspor, serta perluasan akses pasar melalui  onboarding di berbagai marketplace.

Sepanjang 2023, pendapatan total desa wisata binaan BCA mencapai Rp8,4 miliar atau tumbuh 108,7% secara tahunan.

BCA menghadirkan kemudahan pemesanan  tiket paket wisata Desa Wisata binaan Bakti BCA melalui fitur “Lifestyle” di BCA mobile.

BACA JUGA:Perhatian, Ini Jadwal Operasional BCA Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2024

5. Bakti Lingkungan

BCA berkomitmen mendukung pemerintah dalam pelestarian lingkungan demi menciptakan kehidupan  yang lebih baik dan berkelanjutan melalui berbagai program, seperti rehabilitasi & pelepasliaran orang utan, konservasi penyu, konservasi macan tutul, dan penanaman pohon.

Selain dampak ekologi, program-program tersebut juga memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat, salah satunya melalui terbukanya kesempatan kerja di sekitar area konservasi dan penanaman pohon.

Selain itu Bakti BCA juga berinisiatif dalam melakukan pengelolaan sampah melalui penyediaan mesin daur ulang Bakti BCA serta pembuatan rumah kompos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: