KAI Angkut 15,7 Juta Ton Barang Selama Awal Tahun 2024

KAI Angkut 15,7 Juta Ton Barang Selama Awal Tahun 2024

KAI juga melayani angkutan barang.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-- PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat kerja positif selama awal tahun 2024 untuk angkutan barang.

Sebanyak 15.758.465 ton barang tercatat telah diangkut KAI pada triwulan I 2024.

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji mengungkapkan, ada peningkatan sebanyak 3 persen dibanding tahun lalu yakni 15.345.339 ton barang.

BACA JUGA:KAI Spill Cara Isi Bahan Bakar Kereta Api, Dijamin Gak Bikin Penasaran Lagi

“Pertumbuhan angkutan barang tersebut ditopang oleh adanya penambahan frekuensi perjalanan dan rute, serta penambahan gerbong dalam satu rangkaiannya. Hal ini sebagai dampak terus meningkatnya permintaan pelanggan atas angkutan barang menggunakan kereta api,” ujar Dwinanto, Senin 29 April 2024.

Angkutan barang KAI pada triwulan I 2024 didominasi oleh komoditas batu bara sebesar 12.496.424 ton atau 79% dari total angkutan barang KAI. 

Angkutan batu bara KAI terkonsentrasi di wilayah Sumatera bagian selatan guna mendukung pasokan energi nasional.

Adapun hampir seluruh komoditas, baik batu bara ataupun non batu bara menunjukan tren positif dimana pertumbuhan berkisar dari 3% hingga 22%.

Dari sisi ketepatan waktu keberangkatan ataupun kedatangan kereta api barang, juga mengalami peningkatan performa.

BACA JUGA:KAI Kasih Tau Cara Jitu Saat Kehabisan Tiket Kereta Api, Mudah Banget!

Pada triwulan I 2024, tingkat ketepatan waktu keberangkatan kereta api barang mencapai 93,9%, meningkat dibanding triwulan I 2023 yakni 91,6%.

Selanjutnya, tingkat ketepatan waktu kedatangan kereta api barang pada triwulan I 2024 mencapai 88,3%, meningkat dibanding triwulan I 2023 yakni 86,3%.

“Perbaikan performa ketepatan waktu kereta api ini diraih melalui peningkatan mutu kinerja operasional secara keseluruhan termasuk perawatan sarana dan prasarana. Ketepatan waktu merupakan salah satu keunggulan dari transportasi kereta api yang bebas macet, sehingga diminati oleh para pelanggan termasuk pengusaha komoditas,” kata Agus.

Pada triwulan I 2024 pula, KAI terus melakukan upaya perkuatan angkutan barang, salah satunya dengan mengikat kerja sama dengan Progress Rail (Anak Perusahaan Caterpillar) yang berasal dari Amerika Serikat untuk pengadaan 54 lokomotif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: