Perkuat Hubungan Bilateral Indonesia-Jepang Lewat Perdagangan Senilai USD 37,3 Miliar

Perkuat Hubungan Bilateral Indonesia-Jepang Lewat Perdagangan Senilai USD 37,3 Miliar

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga-Ungkap kerjasama dan hubungan bilateral Indonesia-Jepang-Kemendag

PARIS, DISWAY.ID - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan menyampaikan apresiasinya terhadap kerja sama Indonesia dan Jepang yang telah terjalin baik melalui kemitraan bilateral termasuk di berbagai forum regional dan multilateral.

Hal itu terlihat dari jumlah perdagangan bilateral Indonesia—Jepang mencapai USD 37,3 miliar pada 2023.

Kerja sama Indonesia—Jepang perlu dilanjutkan, khususnya dalam pengerjaan beberapa proyek strategis nasional, seperti infrastruktur dan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

BACA JUGA:Kemendag: Barang Impor Milik PMI Tak Dibatasi Lagi

Pernyataan tersebut disampaikan Wamendag Jerry saat bertemu Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang Ken Saito, Kamis (2/5) saat mendampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di sela-sela Pertemuan Tingkat Menteri Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) di Paris, Prancis.

"Kerja sama Indonesia—Jepang yang telah terjalin dengan baik ini harus dilanjutkan. Beberapa proyek strategis nasional membutuhkan dukungan dari Jepang, seperti kerja sama di bidang energi, infrastruktur digital, dan pengembangan kawasan ekonomi. Selain itu, Jepang juga dapat berkontribusi dalam kerja sama pengembangan SDM. Hal ini mengingat kebutuhan Jepang akan pekerja teknis dan kebutuhan Indonesia akan tenaga ahli Jepang," ujar Jerry.

BACA JUGA:Ramaikan Festival Harkonas 2024, Kemendag Dorong Edukasi Anak-Anak Jadi Konsumen Cerdas Lewat Lomba Gambar

Jerry menjelaskan, pengembangan SDM sangat penting untuk memanfaatkan bonus demografi Indonesia, khususnya di sektor digital.

Pengalaman Jepang dalam mengembangkan talenta digital dan industri dapat memberikan manfaat bagi Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Jerry juga mengharapkan dukungan Jepang terhadap aksesi Indonesia ke OECD.

"Kami berharap dukungan Jepang kepada Indonesia terkait aksesi ke OECD. Sehingga, Indonesia—Jepang memiliki satu forum internasional lagi untuk berkolaborasi dengan Jepang. Kami menantikan kemitraan yang kuat dalam memupuk saling pengertian, rasa hormat, dan kerja sama antarnegara," ujar Jerry.

BACA JUGA:Gelar Festival Harkonas 2024, Kemendag Dorong Konsumen Cerdas Bertransaksi

Pada kesempatan tersebut, Wamendag Jerry juga mengungkapkan tentang penandatanganan amandemen Protokol Perubahan Persetujuan Kemitraan Ekonomi Indonesia—Jepang (Indonesia—Japan Economic Partnership Agreement/IJEPA) yang ditargetkan dilakukan sebelum kuartal ketiga tahun ini.

"Saat ini tim sedang mengkaji dan mendiskusikan aspek hukum dari rancangan protokol tersebut. Kami berharap dapat mempercepat proses hukum dan menyelesaikan dokumen tersebut sehingga siap ditandatangani para pemimpin kami tahun ini," kata Jerry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: