Gelar Festival Harkonas 2024, Kemendag Dorong Konsumen Cerdas Bertransaksi

Gelar Festival Harkonas 2024, Kemendag Dorong Konsumen Cerdas Bertransaksi

Gelar Festival Harkonas 2024, Kemendag Dorong Konsumen Cerdas Bertransaksi-Dok.Kemendag-

DEPOK, DISWAY.ID - Dalam rangka memperingati Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2024, Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN), menyelenggarakan Festival Harkonas 2024 di Trans Studio Mall Cibubur, Depok, Jawa Barat pada 18—21 April 2024.

Festival Harkonas 2024 kali ini mengangkat tema “Konsumen Kritis Cerdas Bertransaksi”.

Rangkaian kegiatan Festival Harkonas 2024 diawali dengan pembukaan pameran produk-produk usaha kecil dan menengah (UKM) dan Gim Indonesia hari ini, Kamis (18/04).

BACA JUGA:Manisnya Manggis Lokal Diproyeksikan Tembus Pasar Australia

BACA JUGA:Menkominfo: Lindungi Anak dari Pornografi dengan Child Online Protection

" Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 13 tahun 2012 tentang Hari Konsumen Nasional, tanggal 20 April ditetapkan sebagai Hari Konsumen Nasional. Festival Harkonas 2024 kali ini diselenggarakan untuk menandai dimulainya rangkaian peringatan Harkonas 2024. Kami berharap konsumen semakin cerdas dalam bertransaksi," Ujar Direktur Jenderal (Dirjen) PKTN Moga Simatupang di tempat terpisah.

Sebelumnya, Moga melalui Radio Talk di Radio Elshinta mengungkapkan bahwa dalam pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, menyebutkan bahwa konsumen berhak mendapatkan pembinaan dan pendidikan. Upaya tersebut guna mewujudkan konsumen cerdas dan kritis dalam bertransaksi.

" Kementerian Perdagangan melakukan survei indeks keberdayaan konsumen secara kontinu setiap tahun untuk melihat tingkat keberdayaan konsumen Indonesia. Terdapat lima level indikator yang menandakan tingkat keberdayaan konsumen, yaitu sadar, paham, mampu, kritis, dan berdaya sebagai level indikator tertinggi," imbuh Moga.

BACA JUGA:Terima Kunjungan Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair, Menko Airlangga Bahas Stabilitas Geopolitik

BACA JUGA:Pendaftran CPNS dan PPPK Kejaksaan 2024 Sediakan 11.030 Formasi, Kapan Mulai Dibuka?

Berdasarkan hasil survei 2023, konsumen Indonesia masih berada pada tingkat mampu dengan indeks nilai 57,04.

Dengan hasil ini, Kementerian Perdagangan optimistis tingkat keberdayaan konsumen dapat naik menjadi kritis dan berdaya ke depannya.

Moga menjelaskan, Kementerian Perdagangan juga telah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan indeks keberdayaan konsumen Indonesia.

Pertama, Kementerian Perdagangan akan meningkatkan efektivitas peran pemerintah melalui penguatan regulasi. Hal ini untuk menciptakan keseimbangan antara kepentingan konsumen dan pelaku usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: