Keren! Fokus Kembangkan Pendidikan Vokasi, Dian Sastrowardoyo Ikut Program Perempuan Inovasi

Keren! Fokus Kembangkan Pendidikan Vokasi, Dian Sastrowardoyo Ikut Program Perempuan Inovasi

Dian Sastrowardoyo ikut program perempuan inovasi-Fokus kembangkan dunia vokasi-Kemendikbudristek

JAKARTA, DISWAY.ID – Dian Sastrowardoyo saat ini memiliki kegiatan di bidang pendidikan salah satunya di dunia vokasi.

Bahkan, pemeran AADC itu digandeng Kemendikbudristek sebagai penerima manfaat program Perempuan Inovasi 2023.

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerja sama Markoding (Yayasan Daya Kreasi Anak Bangsa), meluncurkan program Perempuan Inovasi 2024 di Jakarta pada Rabu (8/5). Program ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi past perempuan di bidang teknologi sekaligus mempersiapkan tenaga kerja yang dapat bersaing secara global melalui beasiswa pelatihan keterampilan digital untuk peserta didik vokasi.

Melalui program Perempuan Inovasi 2024, para perempuan yang sedang atau telah menempuh pendidikan vokasi diberikan kesempatan yang lebih besar untuk terlibat dalam pelatihan keterampilan digital yang relevan.

BACA JUGA:Dian Sastro: Rocky Gerung Galak Parah, Mimpi Buruk Gue!

Peserta didik vokasi dapat mengembangkan keterampilan digital baik yang bersifat dasar maupun lanjutan sehingga nantinya mereka dapat terlibat secara aktif dalam industri teknologi.

Pada kesempatan tersebut, Dian Sastrowardoyo yang juga merupakan Pendiri Yayasan Dian Sastrowardoyo mengatakan bahwa program ini akan berdampak baik bagi peserta didik vokasi.

Menurutnya, dengan berbagai terapan disiplin ilmu yang dimiliki oleh anak-anak vokasi kemudian ditambah dengan pelatihan keterampilan abad 21 yang diberikan melalui Perempuan Inovasi, maka hal ini dapat menjadi bekal bagi para peserta didik vokasi untuk menghadapi tantangan dan persaingan secara nasional maupun global untuk mendapatkan pekerjaan maupun memulai bisnis sendiri.

"Perempuan Inovasi akan memberikan wawasan dan pemahaman baru yang mungkin tidak dimiliki oleh peserta lainnya. Ilmu yang selama ini didapat di sekolah akan semakin kaya melalui program ini dan mereka akan memiliki sudut pandang yang semakin terbuka," ujar Dian Sastro.

BACA JUGA:Sinopsis Gadis Kretek yang Tayang di Netflix, Ketika Dian Sastro 'Diburu' 3 Kakak Beradik

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati, menyambut baik kerja sama dengan Markoding melalui program Perempuan Inovasi 2024.

Menurut, Perempuan Inovasi 2024 merupakan salah satu program yang dibutuhkan untuk mendorong keterlibatan lebih banyak peserta didik perempuan dari dunia vokasi khususnya di bidang science, technology, engineering, and mathematics (STEM).

"Materi-materi yang diajarkan dalam pelatihan di program Perempuan Inovasi kami rasa sesuai dengan kebutuhan anak-anak vokasi untuk menghadapi tantangan perkembangan teknologi dan tren pekerjaan masa depan," ujar Kiki.

Menurut Kiki, seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi menuntut pemerintah untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dengan penguasaan teknologi yang tinggi agar mampu menghadapi akselerasi. perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar kerja di era revolusi industri 4.0.

BACA JUGA:4 Penampilan Cantik Dian Sastro Pakai Kebaya Bikin 'Meleleh', Jadi Ajang Kampanye Goes to UNESCO Nih!

"Karena itulah kami sangat antusias dalam kerja sama ini. Kerja sama dengan Markoding melalui Program Perempuan Inovasi 2024 sangat strategis untuk menyiapkan lulusan-lulusan vokasi dengan kompetensi tinggi di bidang teknologi," kata Kiki menambahkan.

Pendiri dan CEO Markoding, Amanda Simandjuntak, mengatakan bahwa kerja sama dengan Direktorat Jenderal pendidikan vokasi merupakan kerja sama eksklusif.

Hal ini dikarenakan Ditjen Pendidikan Vokasi memiliki peran sangat penting dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja sehingga generasi muda dapat bersaing dan terus mengembangkan diri.

"Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek adalah mitra strategis kami dalam upaya kami untuk mendukung cita-cita yang diemban bersama," kata Amanda.

BACA JUGA:Sinopsis Novel 'Gadis Kretek', Serial Netflix yang Dibintangi Putri Marino dan Dian Sastro

Menurut Amanda, Perempuan Inovasi 2024 merupakan kali kedua dilaksanakan oleh Markoding.

Sebelumnya, Markoding sukses membina lebih dari 20.000 partisipan perempuan melalui program Perempuan Inovasi 2023.

"Salah satu fokus utama dari acara hari ini adalah untuk memperkenalkan secara resmi program beasiswa Perempuan Inovasi 2024 kepada masyarakat luas. Tujuannya tidak hanya memberikan akses yang lebih luas kepada perempuan dalam bidang teknologi, tetapi juga untuk mendorong partisipasi mereka yang lebih besar dalam ranah ini," kata Amanda.

Sementara itu, sebagai salah satu perwakilan alumni Perempuan Inovasi, Dheta Chatur Maharani, mengaku mendapatkan banyak manfaat dari program Perempuan Inovasi.

Program Perempuan Inovasi, menurut Dheta, memberikan peluang untuk belajar keterampilan baru, membangun jaringan profesional yang kuat, serta memberikan dukungan dari sesama perempuan dalam bidang STEM yang menginspirasi untuk mencapai potensi penuh dalam karier.

BACA JUGA:Transformasi Pendidikan Vokasi, Kursus Daring Permudah Pembelajaran di Era Digital

"Tidak hanya itu, saya dan teman-teman alumni lain juga mendapatkan mentor yang dapat membantu peserta dalam mengembangkan skills, mengatasi hambatan karier, dan sharing pengalaman kerja dari para mentor kami," ujar Dheta.

Pendaftaran program Perempuan Inovasi 2024 sendiri sudah dimulai sejak 27 Maret 2024 dan akan berlangsung hingga 17 Mei 2024 mendatang.

Kelas Basic Coding dan UI/UX Design akan dimulai dari tanggal 21 sampai 31 Mei 2024, dan dilanjutkan dengan Digital Bootcamp dimulai di bulan Juli sampai November 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: